Sabtu, 26 September 2020

Waspada, Hujan Es Mungkin Saja terjadi Lagi di Jakarta

Waspada, Hujan Es Mungkin Saja terjadi Lagi di Jakarta

Foto: BMKG memprediksi hujan es bakal terjadi lagi di Jakarta. Warga diminta waspada (ist)

Jakarta, Swamedium.com—Fenomena hujan es yang terjadi di sebagian wilayah Jakarta, Selasa (28/3) petang, kemungkinan besar bakal terjadi lagi. Hal itu disebabkan masuknya musim pancaroba atau musim transisi.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya mengatakan, hujan es bisa terjadi lagi pada bulan Maret, April dan Mei 2017

“Kalau kita lihat dari kejadian-kejadian ini pada umumnya terjadi pada saat pancaroba dan biasanya terjadi pada Maret, April, Mei,” kata Andi Eka Sakya di Jakarta, Rabu (29/3).

Seperti diketahui, pada Selasa (28/3) petang sebagian wilayah Jakarta, diguyur hujan lebat disertai petir. Pada saat itu disebagian wilayah, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, warga dikejutkan dengan turunnya hujan es.

Seperti yang dialami Ida, warga Kelurahaan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur kepada swamedium, Rabu (29/3). Saat kejadian dia mengaku sedang berada di dalam rumah sekitar pukul 15.30 WIB.

“Saat hujan deras turun, tiba-tiba bunyi hujan berubah jadi bunyi batu kecil jatuh di atap rumah. Ketika dilihat keluar, ada butiran es seukuran kelereng. Hujan es itu tidak lama,” katanya.

Hal yang sama juga dialami warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Warga juga mengalami hujan es.

Menurut BMKG, dengan masih adanya fenomena itu, warga dihimbau untuk waspada. Pasalnya, jika ukurannya cukup besar, bisa mengakibatkan kerusakan rumah atau manusia. (AW/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.