Senin, 21 September 2020

Cara Mengelola Harta Sesuai Tuntunan Agama

Cara Mengelola Harta Sesuai Tuntunan Agama

Jakarta, Swamedium.com – Demi uang, apapun dilakukan oleh manusia. Berangkat kerja dini hari, pulang kerja larut malam. Bahkan, ada yang terpaksa meninggalkan keluarga berbulan-bulan. Sayangnya, setelah sibuk mengumpulkan harta, banyak yang tidak tahu cara mengelola harta yang benar sesuai tuntunan agama Islam.

Konsep harta dalam Islam adalah titipan Allah SWT yang harus dijaga dan dimanfaatkan sewajarnya untuk menjalankan kehidupan di dunia. Harta sebagai perhiasan dunia memang menyilaukan mata manusia. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al’Quran surat Ali Imran ayat 14 yang artinya :

“Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik.”

Banyak yang berpikir bahwa memiliki harta berlimpah pasti bahagia. Faktanya, tidak selalu demikian. Contohnya, banyak orang yang super kaya, tetapi jiwanya merasa kosong, sehingga tidak bahagia.  Harta yang berkah dan menjalankan kehidupan sesuai tuntunan agama itu yang sebenarnya membuat manusia menjadi bahagia. Keberkahan harta itu tidak terletak pada jumlahnya, tetapi pada kemanfaatannya.

Menurut syariah Islam, di dalam harta yang kita miliki itu, ada hak orang lain, yaitu fakir miskin. Oleh karena itu, supaya harta itu berkah harus dikelola yang benar dengan cara berikut ini;

  1. Mengeluarkan Zakat dan Sedekah

Orang yang mampu wajib membayar zakat dengan jumlah dan waktu sesuai ketentuan. Sedangkan sedekah bersifat sunnah atau tidak wajib yang bisa diberikan kepada orang yang membutuhkan kapan saja dan tidak ada batasan jumlahnya. Sunnah atau tidak wajib, artinya bila dikerjakan dapat pahala, bila tidak dikerjakan tidak dapat dosa.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.