Rabu, 08 Desember 2021

Gedung IPB Terbakar, Kerugian Akibat Kebakaran di IPB Capai Rp 2 Miliar

Gedung IPB Terbakar, Kerugian Akibat Kebakaran di IPB Capai Rp 2 Miliar

Foto: Sejumlah mahasiswa berkumpul di dekat gedung yang terbakar di kawasan Institut Pertanian Bogor, Rabu (29/3). (pikiranrakyat)

Bogor, Swamedium.com- Salah satu bangunan di Institut Pertanian Bogor (IPB) di Dramaga Kabupaten Bogor terbakar, Rabu (29/3). Menurut pihak rektorat IPB, kebakaran menimbulkan kerugian hingga Rp 2 miliar dan sempat mengganggu perkuliahan.

Banner Iklan Swamedium

Proses pemadaman dibantu para mahasiswa hingga kebakaran tidak meluas ke laboratorium kimia di lantai atasnya.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Kerja Sama, dan Pengembangan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB Slamet Budijanto memperkirakan kebakaran berawal di ruang server Fateta sekitar pukul 11.30 WIB.

“Asap terlihat keluar dari ruang server. Beberapa mahasiswa dan dosen IPB langsung melakukan aksi tanggap darurat dengan mendobrak pintu yang terkunci dan memecahkan kaca,” katanya.

Slamet menduga, kebakaran disebabkan hubungan pendek arus listrik mengingat ruangan tersebut memang diisi alat-alat elektronik dan kabel-kabel. Ruang server Fateta, kata dia, adalah ruang tempat core switch dan distribution switch untuk menghubungkan Fateta dan fakultas-fakultas lainnya. Akibat kerusakan di sana, jaringan internet Fateta serta fakultas-fakultas lainnya seperti Fakultas Pertanian, Fakultas Ekologi Manusia, serta Fakultas Ekonomi dan Manajemen terputus.

Api yang didapati sudah membesar dengan cepat menjalar ke bangunan di dekatnya yakni ruang sidang Fateta. Tindakan pemadaman menggunakan alat-alat sederhana oleh para mahasiswa terbantu dua unit mobil pemadam kebakaran yang datang beberapa saat kemudian. Slamet bersyukur kebakaran bisa segera diatasi karena ruangannya berselang empat ruangan dari ruangan yang terbakar di gedung tersebut.

Kebakaran tersebut diakui Rektor IPB, Herry Suhardiyanto, sempat menganggu aktivitas para mahasiswa dan dosen di sana. Ia telah mengintruksikan jajarannya untuk mematikan aliran listrik ke kawasan wing C2 yang berada di dekat lokasi kebakaran. Aliran listrik bisa kembali dinyalakan setelah situasi dianggap sudah kondusif.

“Aktivitas perkuliahan sedikit terganggu karena tidak berani hidupkan listrik. Insya Allah besok perkuliahan sudah kembali lancar,” kata Herry di lokasi kampus IPB, Kamis (30/3).

Ia mengatakan aliran listrik yang dimatikan sepanjang hari itu hanya di wing C, sedangkan wing yang lain di hidupkan seperti biasa.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Makmur, mengatakan bahwa proses pemadaman melibatkan sedikitnya 7 unit kendaraan pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten dan Kota Bogor.

Api baru bisa dipadamkan pada sore hari kemarin. Ia mengaku tidak menemukan ​kendala yang berarti selama proses pemadaman karena dibantu warga sekitar lokasi kebakaran. (pikiranrakyat/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita