Selasa, 29 September 2020

Indonesia Penerbit Sukuk Global Terbesar di Dunia

Indonesia Penerbit Sukuk Global Terbesar di Dunia

Jakarta, Swamedium.com – Indonesia adalah negara penerbit Sukuk Global terbesar di pasar internasional. Total nilai penerbitannya telah mencapai 13,1 miliar dollar AS atau 25,67% dari total penerbitan sukuk berdenominasi dollar AS di pasar dunia yang telah mencapai 53,14 miliar dollar AS per 29 Maret 2017.

Sejak tahun 2009, Indonesia secara rutin menerbitkan obligasi syariah (sukuk) berdenominasi dollar AS. Jumlahnya terus bertambah hingga mencapai 13,1 miliar dollar AS saat ini atau 25,67% dari total penerbitan sukuk berdenominasi dollar AS di pasar global.

“Indonesia merupakan the largest US dollar sovereign sukuk issuer dengan total penerbitan 13,15 miliar dollar AS,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Robert Pakpahan di Jakarta, Kamis.

Robert menjelaskan jumlah penerbitan Sukuk Global milik Pemerintah Indonesia ini sudah mencapai 25,67 persen dari total penerbitan sukuk berdenominasi dollar AS di pasar dunia yang telah mencapai 53,14 miliar dollar AS hingga 29 Maret 2017. Sukuk Global milik Pemerintah Indonesia ini lebih tinggi dari Sukuk Global yang diterbitkan “Emirates of Dubai” sebanyak 7 miliar dollar AS, Pemerintah Malaysia  6,9 miliar dollar AS, Pemerintah Turki 4,8 miliar dollar AS dan Pemerintah Qatar 4,7 miliar dollar AS.

Realisasi Sukuk Global milik Pemerintah Indonesia juga lebih banyak dari Pemerintah Bahrain 4,3 miliar dollar AS, Pemerintah Hong Kong 3 miliar dollar AS, Pemerintah Pakistan 2,6 miliar dollar AS dan “Emirates of Ras Al Khaimah” 2,3 miliar dollar AS.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia menerbitkan Sukuk Global senilai 3 miliar dollar AS, atau merupakan penerbitan obligasi syariah berdenominasi dollar AS terbesar dari penerbit di luar kawasan teluk. Penerbitan Sukuk Global terbesar yang pernah dilakukan Pemerintah Indonesia ini didukung oleh kondisi pasar syariah yang kondusif dan permintaan yang kuat dari para investor.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.