Sabtu, 26 September 2020

Kehidupan Warga Eks Gusuran Kampung Aquarium yang Pindah ke Rusun Makin Sulit

Kehidupan Warga Eks Gusuran Kampung Aquarium yang Pindah ke Rusun Makin Sulit

Foto: Warga Kampung Aquairum usai digusur tinggal di tenda pengungsian. (ilustrasi/ist)

Jakarta, Swamedium.com- Penggusuran yang terjadi di Kampung Aquarium, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara pada bulan April 2016 tidak membuat warga semakin baik taraf kehidupannya.

Masalah ini menjadi perhatian warga yang tinggal di sekitar Rumah Susun (Rusun) Marunda melihat mereka yang hidup menjadi semakin sulit.

Seorang warga Marunda Jakarta Utara, sebut saja namanya Udin, yang bekerja di salah satu rumah sakit swasta di wilayah Jakarta Utara ini menceritakan kepada swamedium.com Rabu (29/3) siang bahwa penggusuran yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta bukan solusi yang tepat bagi warga Kampung Aquarium.

“Penggusuran itu bukan solusi. Memindahkan mereka (warga gusuran) tanpa mengindahkan aspek ekonomis dan sosial mereka. Banyak saya lihat warga eks gusuran yang sekarang tinggal di Rusun Marunda, kehidupanya malah lebih menurun dari sebelum mereka pindah ke rusun. Ada ibu-ibu yang sering menjual barang rumah tangga yang mereka miliki hanya untuk makan,” urai dia.

“Ada juga anak yang mesti menahan lapar dan dibentak orang tuanya saat mengatakan dirinya lapar, ini menyedihkan sekali,” lanjut Udin.

Udin mengungkapkan, warga eks gusuran Kampung Aquarium tersebut tersebar di Blok B dan C Rusun Marunda.
Kejadian terkait sulitnya kehidupan warga Rusun Marunda tidak sekali saja Udin menyaksikannya, namun berkali-kali.

“Itu berkali-kali saya lihat seperti itu, dan harus segera dicari solusinya. Mereka pindah dari satu tempat (kampung aquarium) ke tempat yang jauh dari mereka biasa mencari kehidupan. Belum lagi membiasakan diri dengan tempat yang baru itu sangat sulit, membutuhkan waktu yang panjang, belum lagi untuk kembali ke mata pencaharian sebelumnya lebih jauh (jaraknya), apakah mereka sanggup. Yang saya tahu mereka banyak yang meninggalkan rusun kembali ke Kampung Aquarium, dan ada juga yang keluar mencari kontrakan di luar rusun,” ungkapnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.