Kamis, 24 September 2020

Pemandu dan Pendaki Bersihkan Sampah Gunung Everest

Pemandu dan Pendaki Bersihkan Sampah Gunung Everest

Seorang sherpa sedang memasukkan sampah ke dalam kantong saat operasi pembersihan Gunung Everest, Nepal. (sherpa Namgyal/AFP)

Kathmandu, Swamedium.com — Pemerintah Nepal dan para penyelenggara ekspedisi Gunung Everest mengadakan operasi pembersihan sampah di puncak tertinggi dunia setelah sekian kejadian salju longsor yang mematikan.

Para pemandu lokal Gunung Everest (sherpa) dan pendaki berpartisipasi dalam kegiatan itu. Masing-masing bermodalkan 10 kantong pengangkut sampah. Setiap kantong kanvas itu mampu menampung hingga 80 kg sampah.

Dambar Parajuli, presiden asosiasi operator ekspedisi Nepal, mengatakan pada Rabu (29/3), kantong-kantong itu dikirim ke camp dua, lokasi perkemahan luas sejak 2014 setelah bencana salju longsor yang menewaskan 16 pemandu Nepal dan menyebabkan penutupan pendakian.

Pada 2015, pendakian pun ditutup setelah gempa bumi memicu salju longsor. Longsoran salju menyapu base camp selatan Everest dan menewaskan 19 orang.

Russel Brice, seorang veteran pemandu, mengatakan bahwa tenda-tenda, perlengkapan, dan perbekalan yang ditinggalkan oleh para pendaki korban salju longsor perlu dibersihkan.

Ketika penuh, kantong-kantong akan dipindahkan dengan helikopter-helikopter ke kaki Gunung. Memindahkan kantong-kantong itu melalui udara bertujuan agar para sherpa tidak perlu berisiko membawa beban berat melewati Khumbu Icefall hingga ke base camp.

Cara itu pun murah. Operasi menggunakan helikopter-helikopter kosong yang kembali setelah mengantarkan tali-tali pendakian ke lokasi-lokasi pendakian.

“Dengan cara ini, kami harap dapat membawa turun sampah tanpa biaya tambahan,” kata Durga Dutta Dhakal, seorang pejabat departemen pariwisata Nepal, kepada Reuters.

Pendaki-pendaki rekreasional pun akan diimbau untuk ikut memungut sampah selama pendakian mereka. Sementara itu, para sherpa yang membawakan peralatan dan perlengkapan klien-kliennya akan memperoleh bayaran tambahan jika mengangkut sampah ke bawah, sebesar 2 dolar AS per kg.

Ratusan pendaki dan para pemandu mereka diharapkan dapat mencapai Puncak pada ketinggian 8.850 mdpl selama pendakian musim semi. Biasanya, para pendaki berkumpul pada April dan berhasil sampai di Puncak pada Mei jika kondisi pendakian baik dan mendukung.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.