Selasa, 29 September 2020

Fadli Zon Minta Polisi Bebaskan Ulama dan Aktivis Aksi 313

Fadli Zon Minta Polisi Bebaskan Ulama dan Aktivis Aksi 313

Foto: Diko Nugraha, Panglima FSI sedang diperiksa polisi dengan tangan terikat. (ist)

Jakarta, Swamedium.com- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyayangkan penangkapan ulama dan aktivis Aksi 313 oleh polisi. Fadli Zon meminta polisi untuk membebaskan mereka.

“Menurut saya mereka harus segera dilepaskan lah, kalau enggak ada bukti jangan lakukan itu,” kata Fadli di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (31/3).

Menurut Fadli, hak menyampaikan pendapat, berserikat dan berekspresi, dijamin konstitusi sepanjang hal itu dilakukan sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Untuk itu, aparat keamanan negara tidak bisa menghilangkan secara paksa hak warga negara yang dijamin konstitusi.

“Saya kira ini bagian dari pemberangusan demokrasi. Alasan (ditangkapnya) apa? dulu dugaan makar juga enggak jelas. Bahkan Sri Bintang Pamungkas ditahan lebih empat bulan tanpa ada kejelasan statusnya,” ucapnya lagi.

Untuk itu, politisi Gerindra ini meminta polisi menghentikan kesewenang-wenangan ini.

“Jadi ini harus dihentikan,” tambahnya.

Seperti diberitakan, Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) yang menjadi penggerak Aksi 313, Muhammad Al-Khaththath, ditangkap polisi atas dugaan makar.

Selain Al-Khaththat, polisi juga menangkap Panglima Forum Syuhada Indonesia (FSI) Dikho Nugraha, Zainudin Arsyad dan Irwansyah. Sementara satu orang lainnya belum diketahui namanya. Ke limanya ditangkap Kamis (30/3) malam, sehari menjelang digelarnya Aksi 313. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.