Selasa, 29 September 2020

Indonesia Police Watch: Polisi Telah Bertindak Arogan

Indonesia Police Watch: Polisi Telah Bertindak Arogan

Foto: Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane. (ist)

Jakarta, Swamedium.com- Mengenai kasus penangkapan yang terjadi kepada Sekjen FUI, Muhammad al Khaththath, Jumat (31/3) dini hari, Indonesia Police Watch (IPW) menilai penangkapan yang terjadi merupakan tindakan arogansi pihak kepolisian.

Adapun alasan penangkapan dianggap tidak jelas. Oleh karena itu IPW meminta kepolisian untuk terbuka kepada masyarakat perihal kasus penangkapan tersebut.

“Kami mendesak polisi perlu menjelaskan secara transparan mengenai aksi makar seperti apa yang akan mereka lakukan. Sebab beberapa waktu lalu Polda Metro Jaya juga sudah menangkap sejumlah tokoh kelompok nasionalis dengan tuduhan makar,” ucap Ketua Presidium IPW Neta S. Pane dalam keterangan persnya.

Neta mengungkapkan, jika mengikuti pola pikir dan tindakan pihak kepolisian, berarti terdapat dua kelompok yang hendak melakukan makar yakni kelompok nasionalis dan kelompok agama.

Namun menurut Neta, hal ini dianggap janggal karena TNI dirasa bersikap tenang seolah tak ada persoalan.

“Tapi anehnya TNI bersikap tenang saja, Kenapa BIN tidak memberi sinyal bahwa negara sudah gawat dengan adanya kelompok nasionalis dan agama hendak melakukan makar,” ujarnya.

Selain itu ada keanehan lainnya, ujung penangkapan turut dipersoalkan, karena perkembangan kasus tak ada kejelasanya, kemudian Hasil berita acara pemeriksaan (BAP) kasus, tak kunjung dilimpahkan ke kejaksaan.

Karenanya dalam hal ini, IPW mendesak upaya pembuktian kasus makar kali ini juga sebelumnya segera dilakukan. Hal ini sebagai bukti bahwa tindakan polisi, murni penegakan hukum, bukan rekayasa dan kriminalisasi.

“Jangan sampai ada tuduhan pihak kepolisian dituduh memihak salah satu calon gubernur DKI Jakarta, hanya karena ada pihak tertentu yang mendemo calon gubernur tersebut,” tutupnya. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.