Senin, 18 Januari 2021

Tips Merancang Liburan Seru di Rumah

Tips Merancang Liburan Seru di Rumah

Jakarta, Swamedium.com – Berlibur sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi setiap individu. Tak heran, bila setiap menjelang akhir pekan banyak yang mencari-cari informasi, tempat liburan yang menarik dan cocok dengan keinginannya. Bila tidak sempat ke luar kota, berlibur di rumah juga bisa menjadi alternatif menarik.

Banner Iklan Swamedium

Sebenarnya, menikmati liburan tidak selalu harus pergi ke luar kota atau luar negeri. Bila Anda sedang banyak kesibukan, dana terbatas, atau sedang malas bepergian, menikmati  suasana liburan juga bisa dilakukan di rumah saja. Apalagi, kehidupan modern saat ini membuat setiap anggota keluarga jarang berkomunikasi secara intim karena masing-masing sibuk dengan aktivitasnya. Nah, saat liburan akhir pekan di rumah ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin keintiman dengan sesama anggota keluarga.

Liburan di rumah juga bisa menyenangkan lho, bila kita mampu menciptakan suasana liburan sesuai minat dari anggota keluarga. Adapun tips-tips dalam mempertimbangkan dan mempersiapkan liburan di rumah ini sebagai berikut;

Pertama, pilih kegiatan yang bisa melibatkan setiap anggota keluarga. Ini bisa didiskusikan bersama, minimal dengan pasangan hidup bila anak-anak masih kecil. Pertimbangkan umur anak-anak Anda dan hobinya. Tujuannya, agar setiap anggota keluarga bisa menikmati kebersamaan itu. Tidak perlu membuat kegiatan yang susah atau ribet. Fokuskan pada hal-hal yang simpel, namun mampu mempererat kebersamaan di antara keluarga.

Adapun contoh kegiatan di rumah, seperti memasak bersama atau barbeque. Bila keluarga Anda pecinta seni, bisa melukis bersama, karaoke, nonton film di rumah, bahkan menata interior rumah bersama. Untuk keluarga yang masih memiliki anak-anak kecil, bisa camping aau membuat tenda-tendaan dan bermain-main di situ. Tentu saja, rumahnya harus yang ada halaman, meski tidak luas.

Berkebun bersama juga menjadi alternatif liburan yang menarik bila anggota keluarga Anda senang berkebun. Semua anggota keluarga baiknya dilibatkan dalam kegiatan itu sesuai dengan usia dan kemampuannya. Misal, si kecil bisa membantu menyirami, anak yang lebih besar membantu mengangkat pot bunga, dan sebagainya.

Melakukan olahraga bersama juga menarik. Misal berenang, senam pagi, jogging di sekitar kompleks, bahkan main badminton.  Ide lainnya, untuk keluarga pecinta binatang adalah merawat binatang piaran bersama-sama. Membersihkan kandang atau akuarium ikan, memandikan hewan, bahkan bercanda bersama hewan kesayangan bisa menyegarkan pikiran.

Kedua, Lakukan kegiatan pelayanan atau sosial. Kegiatan ini sekaligus untuk mengajarkan anak-anak agar peduli pada lingkungan. Semua anggota keluarga bisa bersama-sama datang ke panti jompo, panti asuhan atau menengok saudara atau tetangga yang sakit.

Ketiga, pilih kegiatan yang rileks atau menyegarkan pikiran. Saat berlibur, tentu kita ingin melepaskan sejenak pada rutinas kerja, pikiran berat dan beban-beban lainnya. Karena itu, meski liburan di rumah, hindari hal-hal yang membuat pikiran jadi ruwet. Caranya, lakukan kegiatan yang berbeda dengan rutinitas keseharian

Keempat, jauhkan gadget atau handphone dari genggaman tangan Anda. Dengan demikian, interaksi antar anggota keluarga bisa fokus. Jangan sampai, berkumpul bersama, tetapi tetap sibuk dengan gadget masing-masing. Jangan sampai keberadaan alat komunikasi itu justru menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh.

Kreativitas Anda dalam merancang liburan akan menjamin kesuksesan liburan di rumah ini. Tak perlu menghabiskan dana, kita bisa tetap menikmati suasana libura meski hanya di rumah saja. (maida)

Banner Iklan Swamedium

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita