Selasa, 29 September 2020

Kembang Kol Bisa Turunkan Resiko Kanker Perut

Kembang Kol Bisa Turunkan Resiko Kanker Perut

Foto: Perbanyak makan kembang kol untuk menurunkan resiko kanker perut. (ist)

Jakarta, Swamedium.com- Sebuah studi yang diterbitkan European Journal of Cancer menyatakan bahwa kembang kol dapat menurunkan risiko kanker perut.

Setelah meneliti lebih dari 32.000 kasus kanker perut dan menyelidiki pola makan mereka, para peneliti sampai pada kesimpulan tersebut. Selama proses awal pengumpulan data, mereka menemukan sodium dan alkohol, khususnya bir dan minuman keras beresiko tinggi terhadap kemunculan kanker perut.

Tapi mereka juga membeberkan solusi bahwa makanan kaya akan vitamin C cenderung memiliki efek perlindungan dari kanker lambung. Diantara buah dan sayur dengan kadar vitamin C tinggi adalah tomat, bawang bombai dan tentu saja kembang kol.

Kanker adalah salah satu penyakit yang dianggap menakutkan, sering kali ini disebabkan karena penyebabnya di luar kontrol. Dan satu hal yang penting diingat adalah diagnosa kanker bukanlah kesalahan siapapun.

Faktanya, studi yang telah dipublikasikan awal tahun ini menemukan dua pertiga orang dewasa yang menderita kanker terjadi secara acak akibat mutasi gen yang mendorong pertumbuhan tumor.

Lalu, adakah cara untuk mencegah terjadinya kanker?

Sementara tak ada yang bisa memastikan Anda tak akan menerima diagnosis kanker, strategi melawan kanker tampaknya adalah yang paling efektif untuk dilakukan. Makanan sehat dan bernutrisi adalah salah satu faktor penting yang berpengaruh.

“Nutrisi yang baik sangat penting untuk pencegahan kanker,” ujar Anna Taylor, R.D., pakar diet klinis dari Cleveland Clinic. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.