Kamis, 24 September 2020

KH Bachtiar Nasir: Waspada Dosa Berantai lewat Media Sosial

KH Bachtiar Nasir: Waspada Dosa Berantai lewat Media Sosial

Foto: “Jangan seperti orang-orang munafik dalam berislam. Menjalankan Islam kalau sesuai dengan hawa nafsunya dan mengamalkan al-Qur’an jika menguntungkan dirinya saja,” UBN. (ist)

Jakarta, Swamedium.com- Di era digital saat ini, ada dosa berantai tetapi sangat sedikit yang menyadarinya. Dosa tersebut adalah tiadanya adab dan akhlakul karimah di media sosial.
Padahal di dunia maya itu sangat banyak jerat-jerat setan yang berdampak lebih dahsyat ketimbang di dunia nyata. Misalnya, tabir antara laki-laki dan perempuan di media sosial hilang hanya dengan satu ketikan.

Salah satu jerat setan yang sangat marak dilakukan di medsos adalah menghujat, mencela, membully, dan menyebarkan fitnah lewat berita hoax. Begitu lihat berita, langsung di-share tanpa klarifikasi.
“Anda boleh benci kepada siapa pun, tapi harus tetap adil dan menjaga akhlak yang terpuji. Sebagai seorang muslim, jangan menebarkan berita yang bisa merusak kehormatan orang lain. Ini karena kita belum belajar ilmu beretika di dalam media sosial, tiba-tiba kita harus berhadapan dengan teknologi ini. Sehingga terjadi gagap teknologi yang membuat kita banyak melakukan dosa. Belum lagi gambar-gambar asusila dan pornografi,” ungkap Pimpinan AQL Islamic Center KH Bachtiar Nasir saat menyampaikan khutbah di Masjid Jami’ al-Atiq, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Jumat (31/3).
Menurut dia, masih banyak masyarakat yang sebenarnya belum siap menghadapi derasnya alur informasi lewat media sosial.

“Tiba-tiba mereka harus berhadapan dengan sistem nilai yang membahayakan,” tegas Ketua GNPF MUI ini dalam khutbahnya yang menyinggung masalah akhlakul karimah dan jebakan-jebakan setan lewat media sosial.

Sekjen MIUMI Pusat ini menyitir ayat dalam surat al-Baqarah mengenai bahaya jebakan setan bagi umat manusia.

“Dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu. Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS al-Baqarah: 168-169)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.