Jumat, 25 September 2020

Permenhub. 32/2016 Terkait Taksi Online Berlaku Hari Ini

Permenhub. 32/2016 Terkait Taksi Online Berlaku Hari Ini

Jakarta, Swamedium.com – Revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 32/2016 terkait aturan transportasi online mulai berlaku hari ini. Adapun poin yang masih ditunda penerapannya, yaitu terkait penerapan tarif batas atas batas bawah dan kuota angkutan yang boleh beroperasi. Aturan tersebut bertujuan untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat.

Kementerian Perhubungan memberikan waktu 3 bulan masa transisi sejak pemberlakuan 11 poin aturan taksi online dalam revisi Permenhub 32/2016  pada 1 April 2017 (hari ini), sehingga tidak akan ada penindakan hukum bila masih terjadi pelanggaran dalam penerapannya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat koordinasi dengan pejabat terkait dan beberapa perwakilan Organda dan penyedia taksi berbasis online, seperti PT Grab Taxi Indonesia, PT Uber Indonesia Technologi dan PT Gojek Indonesia beberapa waktu lalu mengatakan semua pihak sudah menyetujui bahwa revisi PM 32 Tahun 2016 akan diberlakukan pada 1 April 2017.

Menhub. Budi Karya Sumadi menjelaskan, dari aturan tersebut, masih ada beberapa poin yang masih ditunda penerapannya yaitu terkait penetapan tarif batas bawah dan batas atas, serta kuota angkutan yang boleh beroperasi.Pemerintah, lanjutnya, akan memberikan waktu hingga 3 bulan untuk membahas lebih lanjut poin-poin tersebut dengan pihak-pihak terkait.

“Kita harapkan nanti aturan itu dapat dipenuhi dan dilaksanakan semua pihak,” tegasnya.

Dalam waktu 3 bulan masa transisi penerapan aturan tersebut, Menhub memastikan tidak akan ada penindakan hukum terhadap pelanggaran dari aturan ini baik oleh pihak Kepolisian maupun Dinas Perhubungan. Namun, setelah 3 bulan masa transisi, Menhub menjelaskan akan ada sanksi khususnya bagi pengemudi angkutan online maupun provider yang tidak memenuhi aturan. Seperti pembekuan atau suspend ID pengemudi atau pemblokiran aplikasi.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.