Sabtu, 12 September 2020

Aturan 5 Pergantian Pemain di Kompetisi Liga 1 Tidak Sesuai FIFA

Aturan 5 Pergantian Pemain di Kompetisi Liga 1 Tidak Sesuai FIFA

Foto: Aturan pergantian 5 pemain di L1 bertentangan dengan aturan FIFA (ist)

Jakarta, Swamedium.com — PSSI mengeluarkan aturan lima pergantian pemain dalam kompetisi Liga 1 yang akan bergulir tanggal 15 April mendatang. Tapi, aturan tersebut tidak pernah dipakai badan sepakbola dunia, FIFA dalam pertandingan resmi.

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menyatakan jika FIFA tidak merestui, maka pihaknya bisa saja mencabut aturan tersebut.

“Kalau FIFA mengatakan no, kami pasti follow,” kata Joko Driyono, Senin (3/4).

Disebutkan, untuk menggolkan kebijakan tersebut, PSSI telah melakukan komunikasi dengan FIFA. Baik melalui surat, maupun lewat dialog.

Menurut Joko, PSSI masih berharap FIFA mengizinkan aturan tersebut. Pasalnya, penyimpangan dari kelaziman aturan pergantian tersebut diperuntukan untuk pemain muda usia 23 tahun yang dimainkan klub.

“Kebijakan itu polanya, lima pemain cadangan adalah tiga plus dua. Dua hanya eksklusif untuk pemain U-23,” ucap dia.

Sementara itu pelatih Bhayangkara FC Simon McMenemy menilai regulasi itu rawan trik menjelang pertandingan berakhir.

McMenemy mengungkapkan, ia tidak mengetahui manfaat dari regulasi tersebut untuk pertandingan. Menurutnya, tim akan memanfaatkan aturan itu guna membuang waktu di masa injury time.

Juru taktik asal Inggris ini berkaca dari kebiasaan tim di Indonesia yang sudah unggul untuk melakukan pergantian pemain di menit akhir. Pemanfaatan itu bahkan dilakukan dengan aturan pergantian tiga pemain.

“Saya tidak tahu apa manfaat regulasi pergantian pemain ini. Namun kita semua tahu, ada tim-tim yang sengaja mengulur-ulur waktu dengan kondisi mereka telah unggul. Ini sangat menguntungkan,” kata McMenemy dikutip laman Surya.

“Dengan pergantian tiga pemain saja sudah banyak yang memanfaatkan itu, belum banyak kiper yang pura-pura cedera, apalagi pergantian lima pemain? Semoga ketakutan saya ini tidak benar.” (*/d)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.