Minggu, 20 September 2020

Bakulikan.com Sarana Promosi UMKM Kemaritiman

Bakulikan.com Sarana Promosi UMKM Kemaritiman

Jakarta, Swamedium.com – Berawal dari keprihatian terhadap pola jaringan bisnis perikanan yang dinilai relatif tertutup, sejumlah anak muda membuat media online bakulikan.com. Media ini menjadi alternatif bagi pelaku usaha dan UMKM dibidang kelautan dan perikanan untuk mempromosikan produknya.

Salah satu penggagasnya, yaitu Muhammad Yusuf menjelaskan bakulikan.com adalah usaha start-up di bidang maritim. Media ini, ungkapnya, muncul berawal dari keprihatinan atas pola jaringan bisnis perikanan yang relatif tertutup, sehingga mengakibatkan pelaku usaha dari hulu sampai ke hilir sulit mendapatkan harga yang pantas dan menguntungkan.

“Media online ini sebagai media alternatif bagi pelaku usaha dan UMKM di bidang kelautan dan perikanan serta nelayan dalam mempromosikan dan menjual hasil produk tangkapan. Serta berbagai hasil karya lainnya di bidang kemaritiman,” jelasnya tertulis kepada Swamedium.com (3/4).

Yusuf mengatakan usaha start-up yang dibentuk sejak Desember 2016 lalu ini berperan sebagai market place mengingat kondisi saat ini yang mengakibatkan pelaku usaha di hulu sulit mendapatkan harga yang pantas dan menguntungkan.

Menurut dia, Fish Auction (FISHA) merupakan program unggulan dari bakulikan.com. Fisha merupakan program penjualan yang dilakukan secara lelang. Hal ini dalam rangka untuk mendukung penguatan daya tawar UMKM di sektor kelautan dan perikanan terhadap pasar.

Dengan sistem Fisha ini, maka produk yang bisa dilelang diawal, nelayan dapat menikmati harga yang stabil ketika panen. Selain Fisha, bakulikan.com juga terdapat program SINAR. Ini merupakan sistem informasi ketersedian stok di setiap titik di Indonesia serta perkiraan rencana panen. (maida)

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.