Rabu, 30 September 2020

Jangan Rebus Air Keran untuk Membuat Kopi

Jangan Rebus Air Keran untuk Membuat Kopi

Foto: Menyeduh kopi dari rebusan air keran ternyata dapat merusak biji kopi di cangkir. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Bagi sebagian orang terutama penikmat kopi, menyeruput secangkir kopi di pagi hari dianggap dapat memberikan suntikan energi untuk memulai aktivitas. Tapi, banyak orang yang belum mengetahui ada beberapa kesalahan dalam membuat minuman kopi.

Dilansir dari laman The Sun, setidaknya ada delapan langkah yang dinilai salah kaprah dalam meracik kopi.

1. Menggunakan air keran
Menyeduh kopi dari rebusan air keran ternyata dapat merusak biji kopi di cangkir Anda. Beberapa pembuat kopi andal biasanya akan memiliki saringan tersendiri untuk menyaring air yang digunakan untuk menyeduh kopi.

2. Suhu yang salah
Biasanya Anda akan langsung menuangkan air yang baru saja mendidih ke cangkir kopi, dan itu adalah langkah yang salah. Suhu yang tepat untuk menyeduh kopi adalah lebih rendah dari suhu mendidih.
Menggunakan air yang terlalu panas bisa membuat rasa kopi seperti hangus. Suhu 96 derajat Celsius adalah suhu yang tepat.

3. Cara menyimpan kopi
Untuk hasil yang baik, biji kopi sebaiknya disimpan di dalam lemari es atau freezer karena dapat membuat biji tetap kering. Aturan lainnya adalah, udara, cahaya dan kelembapan bisa berakibat buruk untuk kopi. Jadi simpan kopi di dalam wadah kedap udara dan di tempat yang dingin dan gelap.

4. Menggiling kopi
Ukuran butiran kopi yang Anda giling bisa sangat mempengaruhi rasa. Jika kopi Anda terasa pahit, kemungkinan Anda menggiling terlalu halus. Jika terasa hambar, kemungkinan butirannya terlalu kasar.
Biasanya, metode menyeduh yang melibatkan kontak langsung dengan air, lebih membutuhkan gilingan kopi yang lebih kasar, dan begitu pula sebaliknya.

5. Menggunakan kopi basi
Kopi juga bisa basi dan beberapa ahli percaya, kopi hanya bertahan beberapa minggu saja sejak dipanggang sebelum kedaluwarsa. Jadi, belilah satu kantung saja dalam satu waktu.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.