Jumat, 25 September 2020

Disubsidi Besar, Transjakarta Belum Jadi Moda Terintegrasi

Disubsidi Besar, Transjakarta Belum Jadi Moda Terintegrasi

Jakarta, Swamedium.com — Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana menilai PT Transjakarta saat ini belum menjadi moda transportasi yang terintegrasi dalam konsep Transit Oriented Housing (TOH).

Padahal, tegas Legislator PKS ini, transportasi terintegrasi itu menjadi amanat UU dan Perda.

“Yang dilakukan sejauh ini masih by project saja dan terkesan memaksakan, seperti bikin shelter di depan stasiun dan melakukan perluasan rute. Padahal dampaknya membunuh angkutan umum yang beririsan,” jelas Triwisaksana dalam Dialog Publik Integrasi Transportasi Jakarta, Senin (3/4).

Padahal, PT Transjakarta tahun 2017 mendapatkan subsidi sebesar 3,2 T dibandingkan moda transportasi angkutan umum lain yang jumlah penumpangnya lebih banyak namun tidak mendapatkan subsidi.

Salah satu caranya adalah dengan mengintegrasikan angkutan umum tersebut dengan Bus Transjakarta.

“Konsep OK-OTrip Anies-Sandi sesuai dengan model integrasi untuk mendapatkan skema subsidi yang lebih adil,” jelas Juru Bicara Anies-Sandi ini.

Di sisi lain, menurut Triwisaksana seharusnya, Pemprov DKI Jakarta juga harus mendukung peremajaan angkutan umum lain. Jangan hanya, Transjakarta yang armadanya baru.

Solusinya, papar Triwisaksana, ini hanya bisa dilakukan melalui proses integrasi angkutan umum dalam suatu sistem, hal lain yang harus dibenahi adalah masalah kelembagaan untuk mengatur angkutan publik darat di Jakarta.

“Saat ini terlalu banyak pemangku kepentingan yang terkait dengan pengelolaan transportasi publik di Jakarta, yaitu Dishub, Dinas Bina Marga, PT. Transjakarta, PT. MRT, 5. Organda, dan sebagainya. Perlu ada kelembagaan yang bisa mengkoordinasikan ini semua dalam sebuah Badan Koordinasi atau yang sejenisnya,” jelas pria yang kerap disapa Bang Sani ini.

Dengan adanya sistem transportasi terintegrasi ini maka pengembangan angkutan umum massal dapat diprioritaskan untuk sejalan pengembangan pemukiman murah untuk warga.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.