Kamis, 24 September 2020

Standar Emisi Euro 4 Segera Diberlakukan di Indonesia

Standar Emisi Euro 4 Segera Diberlakukan di Indonesia

Foto: Peraturan Menteri LHK tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N dan O. (kpbb)

Jakarta, Swamedium.com – Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menjelaskan Pemerintah Indonesia akan segera memberlakukan standar emisi Euro 4 secara bertahap mulai tahun 2018.

Pemberlakuan ini sesuai amanat Peraturan Menteri (Permen) LHK No. 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tanggal 10 Maret 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O.

Pemberlakuan peraturan untuk standar emisi Euro 4 kendaraan bermotor tipe baru dan yang sedang diproduksi berbahan bakar bensin, mulai 10 Oktober 2018.

“Sesuai kesepakatan dengan Menko Perekonomian, mau tidak mau 18 bulan setelah Permen ditandatangani 10 Maret 2017, Euro 4 sudah harus diberlakukan,” kata M.R. Karliansyah Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK pada acara Komunikasi Publik di Kantor KLHK, Jakarta, Senin (3/4)

“Sedangkan untuk kendaraan bermotor tipe baru dan yang sedang diproduksi berbahan bakar diesel mulai diberlakukan 10 Maret 2021’, lanjut Karliansyah.

Sebagai informasi yang termasuk dalam kategori kendaraan M adalah kendaraan bermotor beroda empat atau lebih dan digunakan untuk angkutan orang. Kendaraan bermotor dengan kategori N yaitu kendaraan bermotor, beroda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan barang. Sedangkan kendaraan bermotor kategori O adalah kendaraan bermotor penarik untuk gandengan atau tempel.

Dalam Permen LHK ini, perincian uji emisi dijelaskan secara detil. Permen LHK tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan yang Sedang Diproduksi (Euro 4), saat ini tengah berada di Kementerian Hukum dan HAM.

“Saat ini Kementerian Hukum dan HAM akan segera mengundangkan peraturan tersebut, dan diharapkan sudah dapat disampaikan ke publik dalam waktu dekat,” ungkap Karliansyah.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.