Jumat, 02 Oktober 2020

Tangkap Al-Khaththath Cs, Yusril: Polisi akan Kesulitan

Tangkap Al-Khaththath Cs, Yusril: Polisi akan Kesulitan

Foto: Pakar Hukum Tata Negara, Prof Dr Yusril Ihza Mahendra, mengatakan Polri akan kesulitan setelah menangkap al Khaththath cs. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Polda Metro Jaya kembali mengamankan lima tersangka dugaan makar pada Jumat (31/3) lalu. Penangkapan ini diyakini sama dengan penangkapan tersangka makar jelang aksi 212 sebelumnya.

Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra, menilai penangkapan lima tersangka makar kali ini mirip seperti tersangka sebelumnya. Bahkan dia berpendapat, ke depannya polisi akan kesulitan untuk mengumpulkan alat bukti atas tuduhan makar tersebut.

“Sama aja. Nanti juga polisi akan kesulitan menghimpun alat bukti dan menetapkan pasal-pasalnya,” kata Yusril seperti dilansir republika di Jakarta, Senin (3/4).

Yusril berpendapat, nanti penyidik akan menetapkan pasal-pasal KUHP yang terpaksa harus dicocok-cocokkan. Kemudian berkas perkara pun akan dikembalikan oleh jaksa penuntut umum (JPU). Bahkan bila pun sampai di pengadilan, dakwaan bisa ditolak oleh hakim.

“Akhirnya nanti dikembalikan oleh JPU, di pengadilan dakwaan bisa ditolak oleh hakim,” kata dia.

Terkait pernyataan polisi bahwa mereka mengaku menangkap para tersangka makar ini karena telah memiliki bukti yang kuat, Yusril menilai, memang mudah untuk mendapatkan dua alat bukti. Namun dalam sudut pandangnya, jangan karena mudah kemudian penyidik menggunakannya sembarangan.

“Untuk mendapatkan dua bukti permulaan yang cukup mudah sekali. Soal benar tidaknya bukti tersebut nanti diuji di pengadilan. Tapi jangan karena mudah mendapatkannya, lantas digunakan sembarangan,” tegasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.