Sabtu, 19 September 2020

Kasus e-KTP, Pengacara Elza Syarief Tidak Membantah Pernah Bertemu Miryam

Kasus e-KTP, Pengacara Elza Syarief Tidak Membantah Pernah Bertemu Miryam

Foto: Pengacara Elza Syarief tidak membantah pernah bertemu Miryam. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Pengacara ternama Elza Syarief tidak membantah pernyataan mantan anggota DPR RI Komisi II Miryam S Haryani yang disarankan untuk mencabut Berita Acara Pemeriksaan (BAP) oleh pengacara Anton Taufik.

Hal itu ia ungkapkan ketika dirinya ditemui awak media setelah usai memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait skandal kasus korupsi e-KTP.

Elza mengaku dicecar pertanyaan dari penyidik KPK terkait kedatangan Miryam ke kantornya beberapa waktu lalu. Kemudian ia pun menceritakan, pada saat bersamaan dengan kedatangan Miryam ke kantornya, turut hadir pengacara Anton Taufik untuk membahas rencana pencabutan BAP Miryam dalam kasus korupsi e-KTP.

“Iya (bahas e-KTP). Iya (pertemuan itu terkait pencabutan BAP Miryam),” ucap Elza di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (5/4).

Menurut informasi yang diterima oleh pihak Elza, kedatangan Anton atas perintah dari Ketua DPR RI Setya Novanto. Dalam pertemuan itu, Anton menyarankan Miryam mencabut isi BAP yang dia tandatangani saat penyidikan dugaan korupsi pengadaan e-KTP.

Sebelumnya, saat sidang kasus e-KTP, Kamis (30/3), Miryam membantah semua keterangan yang pernah disampaikan dalam BAP. Dalam BAP itu, Miryam menjelaskan soal pembagian uang dalam kasus e-KTP.

Menurut dia, sebenarnya tidak pernah ada pembagian uang ke sejumlah anggota DPR RI periode 2009-2014, sebagaimana yang dia beberkan sebelumnya kepada penyidik. Miryam bahkan mengaku diancam oleh penyidik KPK saat menyampaikan keterangan dalam BAP. Setelah dikonfrontasi dengan tiga penyidik KPK, Miryam tetap pada keterangannya saat dia mencabut BAP. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.