Rabu, 23 September 2020

LIPI: Seluruh Parpol Peserta Pemilu Sebaiknya Jalani Proses Verifikasi

LIPI: Seluruh Parpol Peserta Pemilu Sebaiknya Jalani Proses Verifikasi

Foto:

Jakarta, Swamedium.com — Peneliti Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsudin Haris mengatakan, seluruh partai politik (parpol) yang akan mengikuti Pemilu 2019 seharusnya wajib menjalani proses verifikasi.

Dengan begitu, verifikasi tidak hanya menjadi kewajiban bagi Parpol baru.

“Semua Parpol, baik lama maupun baru harus menjalani verifikasi. Untuk parpol lama yang sudah mengikuti Pemilu pada 2014 pun harus menjalani verifikasi. Sebab, sudah ada jeda waktu selama lima tahun bagi Parpol peserta pemilu 2014 yang menjadi pertimbangan melakukan verifikasi ulang,” ujar Haris di Jakarta, Minggu (2/4) seperti yang dilansir republika.

Menurutnya, perlu ada aturan yang mewajibkan Parpol untuk melakukan verifikasi sebelum menjadi peserta Pemilu.

Verifikasi, Haris mengungkapkan setidaknya dilakukan dalam dua bentuk. Pertama, sebagai Parpol yang berbadan hukum dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum-HAM). Kedua, terdaftar di KPU sebagai peserta pemilu.

Haris menambahkan verifikasi kepada semua Parpol penting untuk menghindari potensi penyalahgunaan status Parpol.

Dia mengingatkan, potensi jual beli status Parpol sebagai partai yang berbadan hukum rentan terjadi.

“Hal ini sudah pernah dilakukan oleh salah satu Parpol terhadap Parpol lain yang sudah berbadan hukum. Verifikasi juga penting untuk menegaskan hak Parpol yang mengikuti setelah sah terdaftar di Kemenkumham maupun sebagai peserta pemilu,” jelasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.