Selasa, 29 September 2020

Anas Urbaningrum Bantah Ada Aliran Dana e-KTP Masuk Untuk Kongres Demokrat

Anas Urbaningrum Bantah Ada Aliran Dana e-KTP Masuk Untuk Kongres Demokrat

Foto: Anas membantah dalam persidangan kalau ada sejumlah aliran dana dari pengusaha Andi Narogong untuk membiayai kongres Partai Demokrat di Bandung pada tahun 2010 silam (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Mantan Ketua Fraksi Demokrat Anas Urbaningrum hari ini hadir sebagai saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi e-KTP di pengadilan Tipikor, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (6/4).

Dalam persidangan, Anas membantah kalau ada sejumlah aliran dana dari pengusaha Andi Narogong untuk membiayai kongres Partai Demokrat di Bandung pada tahun 2010 silam.

“Kalau (uang) e-KTP saya pastikan tidak ada. Buat saya menjadi aneh ketika ada satu peristiwa dan ada jalan cerita yang berbeda-beda,” ujar Anas saat bersaksi.

Anas​ membeberkan, biaya kongres tersebut sepenuhnya tanggung jawab panitia penyelenggara dan terkait pembiayaan para kandidat calon ketua umum itu di urus oleh relawan kandidat atau tim sukses kandidat itu sendiri.

Sebagai salah satu kandidat, Anas mengaku tidak mengurusi persoalan teknis persiapan acara termasuk penganggaran.

“Saya baru tahu detil di persidangan itu. Kegiatan apa, datang dari mana, jumlahnya berapa, sumbernya dari mana, untuk apa saja. Detail itu, dan tidak ada kaitannya dengan yang disebut proyek e-KTP,” jelas Anas.

Sementara untuk proses pemenangan, Anas menyebutkan, dirinya mempunyai tim yang bersifat sukarela berhimpun membentuk relawan pemenangan dan untuk pembiayaan tim tersebut secara gotong royong mengumpulkan dana untuk biaya operasional pemenangan Anas.

Anas menambahkan dalam persidangan, Nazaruddin merupakan salah satu anggota tim yang berkontribusi. Namun demikian, lanjut Anas, belakangan diketahui Nazaruddin bermain dua kaki dengan mendukung kandidat lain.

“Staf Nazaruddin, Yulianis, punya catatan rinci uang masuk, uang keluar dari tempat Nazaruddin. Justru ujungnya ada sisa yang dipakai oleh Nazaruddin,” ucap Anas. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.