Selasa, 29 September 2020

Anies Akan Ajak Kelas Menengah Untuk Bersama Membangun Jakarta

Anies Akan Ajak Kelas Menengah Untuk Bersama Membangun Jakarta

Foto: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pembangunan di ibukota sangat ideal menggunakan pendekatan gerakan. (asmc)

Jakarta, Swamedium.com – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pembangunan di ibu kota sangat ideal jika keberadaan kelas menengah di Jakarta ikut serta diajak untuk membangun Jakarta.

“Keberadaan kelas menengah di Jakarta adalah modal untuk ikut terlibat dalam pembangunan. Selama ini kan, kalangan menengah kurang diajak Pemda untuk terlibat,” kata Anies saat diskusi dengan anggota Indonesian Student Association For International Studies (ISAFIS) di rumah Faizal Motik, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/4) malam.

Peran kelas menengah, menurut Anies tidak selalu dalam bentuk uang berupa Corporate Social Responsibilty (CSR) tetapi peran serta perusahaan secara nyata.

“Keterlibatan para pelaku ekonomi melalui CSR yang gak harus dalam bentuk uang melainkan keikutsertaan pelaku perusahsaan membangun masyarakatnya,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Anies selain kelas menengah, modal lainnya adalah modal ketersambungan (konektivitas) antar warganya tinggi, terlebih melalui teknologi komunikasi.

Selama ini warga Jakarta mayoritas mampu mengakses teknologi komunikasi misalnya smartphone, yang seharusnya dapat dijadikan media untuk melibatkan seluruh warga Jakarta dalam pembangunan.

“Ke depan warga dilibatkan bukan cuma pada pelaksanaan program tetapi juga perencanaan,” ujar mantan Mendikbud itu.

Inisiator Indonesia mengajar itu optimis dengan melibatkan warga dalam pembangunan melalui koneksi teknologi maka segala pembangunan di Jakarta akan setara dengan beberapa kota di dunia yang mengadaptasi pendekatan gerakan. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.