Jumat, 25 September 2020

Arsul Sani : Kapolda Jangan Buat Polemik Terkait Sidang Ahok

Arsul Sani : Kapolda Jangan Buat Polemik Terkait Sidang Ahok

Foto; Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani meminta kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi M Iriawan agar bisa menerima penolakan Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) atas permintaan penundaan persidangan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Ahok.

“Saya kira Kepala PN Jakut sudah merespon dengan menolak permintaan tersebut. Tentu kita hormati kewenangan pengadilan untuk merespon seperti itu. Tidak ada pilihan lain bagi polisi untuk melakukan pengamanan maksimum pada sidang tuntutan (Selasa 11/4),” tegas Asrul Sani di Jakarta,
Jumat (7/4).

Di sisi lain, Arsul menganggap wajar jika permintaan Kapolda tersebut jadi polemik ditengah masyarakat.

“Maksud menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban jelang Pilkada itu baik, namun mestinya tidak dituangkan dalam bentuk surat seperti itu. Dengan cara seperti itu maka wajar jika banyak pihak menilainya sebagai sebuah bentuk intervensi terhadap proses peradilan,” tutur Arsul.

Seharusnya, kata Asrul, Kapolda Metro Jaya menyampaikan pandangan-pandangan dari segi keamanan dan ketertiban dengan cara duduk bersama Ketua Pengadilan bukan membuat surat penundaan lalu dikirim ke pengadilan.

“Bahkan seharusnya sudah dikomunikasikan sejak awal,” tandasnya.

Perlu untuk diketahui sebelumnya, Kapolda Metro Jaya M Iriawan membuat surat penundaan sidang Ahok ke PN Jakut. PN Jakut sudah merespon surat tersebut, Pihak PN Jakut menegaskan, yang berwenang menunda atau tidak sebuah persidangan adalah majelis hakim.

Dan Keputusan PN Jakut melalui Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto menyatakan, tetap akan melaksanakan sidang pada 11 April 2017. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.