Minggu, 07 Juni 2020

KPK: Proyek Pembangunan Hambalang Harus Dikaji Ulang

KPK: Proyek Pembangunan Hambalang Harus Dikaji Ulang

Jakarta, Swamedium.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) harus melakukan​ kajian resiko lebih lanjut jika ingin tetap melanjutkan pembangunan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang.

Himbauan tersebut merupakan rekomendasi dari KPK bersama dengan tim ahli dari Institut teknologi Bandung (ITB).

Menurut Juru Bicara (Jubir) KPK Febri Diansyah, bahwa ada 3 kesimpulan yang dihasilkan dari tim ahli dari ITB mengenai pembangunan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang.

Pertama, berdasarkan hasil pengecekan fisik lokasi P3SON Hambalang, lokasi tersebut rawan longsor karena kontur dilokasi lahan merupakan jenis Swelling Clay (tanah lempung yang akan mengembang jika terkena air dan akan memadat apabila terkena panas sehingga berakibat sangat mudah longsor.

“Kemudian, proses perencanaan tidak dilakukan dengan matang dan terdapat kesalahan konsep ditahap awal, diantaranya yakni tidak dilakukan penataan air tanah dan air permukaan pada lokasi P3SON; yang merupakan hal yang sangat penting dilakukan karna kontur berjenis Swelling Clay,” ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta, Jumat (7/4).

Oleh sebab itulah, dibutuhkan kajian menyeluruh dari Institusi Independen untuk mempertimbangkan kelanjutan pembangunan.

“Seperti akses jalan menuju lokasi agar diperoleh kesimpulan layak atau tidaknya bangunan dan lokasi tersebut dilanjutkan pembangunannya,” ungkapnya.

Namun, Febri mengungkapkan, bila ternyata kajian risiko itu tidak dilakukan maka bangunan P3SON tidak layak dilanjutkan. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.