Sabtu, 06 Juni 2020

Merugi, Malaysia Akhiri Kerjasama Penyelenggara GP Formula 1

Merugi, Malaysia Akhiri Kerjasama Penyelenggara GP Formula 1

Foto: Balapan GP F1 di Sirkuit Sepang Malaysia tahun 2017 menjadi balapan terakhir. (ist)

Jakarta, Swamedium.com— Pemerintah Malaysia akhirnya memutuskan kontrak kerjasama penyelenggaraan Grand Prix Formula satu tahun lebih awal. Penyelenggaran Oktober tahun ini menjadi balapan terakhir di Sirkuit Internasional Sepang.

Malaysia telah menjadi tuan rumah GP Formula Satu di Sirkuit Internasional Sepang (SIC) sejak 1999. Dalam kontrak itu, Malaysia menjadi tuan rumah hingga tahun 2018. Namun, dalam keputusan, Jumat (7/4), pemerintah Malaysia menyebutkan balapan 1 Oktober tahun ini akan menjadi balapan terakhir F1 di Malaysia.

“Selalu menyedihkan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada anggota keluarga Formula 1,” kata direktur pelaksana operasi Formula Satu Sean Bratches seperti dikutip reuter.

“Selama hampir dua dekade, para penggemar Formula 1 Malaysia telah membuktikan dirinya sebagai para pendukung paling bergairah olah raga ini.”

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyebut turun drastisnya penjualan tiket, jumlah pemirsa dan pariwisata sebagai faktor-faktor yang berada di balik keputusan menghentikan ketuanrumahan Malaysia untuk GP Formula Satu.

“Kabinet telah sepakat mengakhiri kontrak ketuanrumahan balapan Formula Satu, setelah mempertimbangkan lebih rendahnya pemasukan kepada negara ketimbang beban ketuanrumahan kejuaraan itu,” sambung dia seperti dikutip Reuters.

Walau Malaysia tidak lagi jadi tuan rumah GP F1 mulai tahun 2018, namun Petronas, BUMN migas Malaysia bakal tetap jadi sponsor utama Tim Mercedes.

“BUMN migas Malaysia, Petronas, adalah sponsor F1 Malaysia, dan perusahaan itu saat ini tengah terpukul gara-gara jatuhnya harga minyak tahun-tahun belakangan ini. Namun Petronas akan terus menjadi sponsor tim Mercedes sebagai bagian dari strategi pemasarannya,” kata Najib lagi.

Masa depan F1 di Asia Tenggara memang lagi tidak menentu di mana Grand Prix Singapura sendiri masih belum pasti memperpanjang kontraknya. GP Singapura pertama kali diadakan pada 2008.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.