Minggu, 13 September 2020

Pembangunan Kereta Bandara Solo Dimulai Besok

Pembangunan Kereta Bandara Solo Dimulai Besok

Foto: Ilustrasi stasiun kereta bandara. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Pembangunan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo, Solo akan dimulai pada Sabtu, 8 April 2017. Proyek kereta api bandara tersebut diharapkan sudah selesai pada akhir tahun 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Kereta Bandara Adi Soemarmo itu akan dilakukan oleh konsorsium dari tiga perusahaan yaitu, PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Angkasa Pura 1 (AP 1) dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

“Beberapa kali saya hadir ke Solo untuk memastikan pembangunan kereta bandara Adi Soemarmo dapat segera dilakukan. Besok, direncanakan bapak Presiden Jokowi hadir dalam rangka Pencanangan Pembangunan Perkeretaapian akses Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo,” kata Budi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (7/4).

Budi berharap pada akhir 2018, masyarakat Solo dan sekitarnya sudah dapat menikmati pelayanan kereta bandara. Kereta bandara sepanjang 13,5 kilometer itu akan menghubungkan mulai dari Stasiun Solo Balapan di kota Solo hingga Bandara Adi Soemarmo, yang terletak di kabupaten Boyolali.

Dia mengatakan dengan menggunakan kereta bandara ini, nantinya jarak tempuh dari kota Solo (Stasiun Solo Balapan) ke Bandara Adi Sumarmo hanya sekitar 15 menit saja.

“Masyarakat dari Yogyakarta juga bisa merasakan manfaat kereta bandara ini,” katanya.

Dia menuturkan masyarakat dari Yogyakarta yang akan menuju Bandara Adi Soemarmo, hanya ditempuh dengan waktu sekitar satu jam 11 menit. Dengan rute, Stasiun Yogyakarta – St. Maguwo – St. Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo sejauh 72,7 kilometer.

“Tentunya dengan menggunakan kereta, waktu tempuh menjadi lebih efisien dibanding menggunakan kendaraan mobil yang bisa menempuh waktu lebih dari dua jam dari Yogyakarta ke Solo,” ujarnya.

Pages: 1 2

Related posts