Senin, 25 Januari 2021

Wacana Kemenhub Atur Arus Mudik Ganjil-Genap, DPR: Selesaikan Dahulu Infrastruktur Jalan

Wacana Kemenhub Atur Arus Mudik Ganjil-Genap, DPR: Selesaikan Dahulu Infrastruktur Jalan

Foto: Anggota Komisi V DPR RI Moh Nizar Zahro. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Wacana Menteri Perhubungan (Menhub) untuk menerapkan aturan ganjil genap dalam mengantisipasi volume kendaraan jelang mudik lebaran khususnya di arus jalan bebas hambatan (TOL) dinilai sebagai niatan yang baik.

Banner Iklan Swamedium

Anggota Komisi V DPR RI Moh Nizar Zahro menilai wacana tersebut belajar dari kejadian peristiwa di pintu tol Brebes Timur (Brexit) beberapa waktu lalu.

“Kalau memang akan diberlakukan sistem ganjil genap, kami minta untuk dikaji terlebih dahulu. Libatkan seluruh stakeholder terkait,” kata Nizar dalam keterangan tertulisnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (7/4).

Politisi dari Gerindra yang berasal dari Madura ini mengatakan, selain perencanaan dan pelaksanaannya, sosialisasi harus dilakukan jauh-jauh hari, jangan sampai ketika pelaksanaan sudah dijalankan masyarakat banyak yang tidak mengetahui.

“Kalau yang terjadi seperti itu, bukan malah mengurai kemacetan. Tapi, akan muncul masalah baru. Pelanggaran lalu lintas marak, dan bisa berujung penyelesaian di tempat. Ini nggak baik dan nggak boleh,” paparnya.

Lanjut Nizar, penerapan sistem ganjil dan genap di Jakarta saat ini juga belum maksimal hasilnya. Jika aturan tersebut diberlakukan saat arus mudik dan arus balik, tidak serta merta akan mengurai kemacetan. Karenanya, dibandingkan dengan menerapkan sistem ganjil genap, Nizar meminta penyelesaian jalan dan tol Pantura terlebih dahulu.

“Sebaiknya sebelum arus mudik lebaran, infrastruktur seperti jalan dan tol sudah siap. Apalagi Menteri PU-PERA sudah berjanji terkait kesiapan infrastruktur jalan dan tol. Yakni jalan tol Pantura bisa fungsional hingga Ngaliyan, Semarang. Itu janji harus ditepati dan jangan mengalihkan dengan wacana sistem ganjil genap,” pungkasnya. (JM)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita