Senin, 01 Juni 2020

Tim Anies-Sandi Desak KPU DKI Sisir 15 Ribu DPT Ganda

Tim Anies-Sandi Desak KPU DKI Sisir 15 Ribu DPT Ganda

Foto: Wakil Ketua tim pemenangan Anies-Sandi Mohammad Taufik menggelar jumpa pers di Posko Cicurug, Menteng, Jakpus, Minggu (9/4). (asmc)

Jakarta, Swamedium.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI diminta melakukan penyisiran kembali Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan. Wakil Ketua Tim Kampanye Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Muhamad Taufik menyatakan, masih terdapat 15 ribu data ganda yang harus dibersihkan.

Putaran kedua Pilkada DKI 19 April, kata Taufik harus berjalan demokratis dan bebas dari kecurangan serta terjadinya penggelembungan suara. Hal tersebut, bisa dihindari asalkan KPU DKI kembali melakukan penyisiran data ganda atau invalid.

“Jika tidak bisa diubah, KPU DKI harus melakukan penyisiran yang 15 ribu itu,” kata Taufik di Posko Tim Kampanye Pasangan Anies-Sandi, Jalan Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/4).

Lalu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI itu mencontohkan, di Jakarta Utara (Jakut) ada 2.333 pemilih ganda. Di pluit ada 200 pemilih ganda yang harus dilakukan penyisiran kembali oleh penyelenggara pemilu.

“Jika DPT amburadul, sudah bisa dipastikan terjadi manipulasi angka. Karena itu, yang ganda harus dicoret dan jangan diberikan surat undangan pemberitahuan memilih (C6),” ungkapnya.

Dia menambahkan, kontestasi pesta demokrasi di Jakarta harus berjalan adil. Yakni, seluruh warga ibu kota yang memiliki hak pilih jangan dihalangi dengan berbagai macam alasan, tetapi warga luar Jakarta malah dapat memilih.

“Makanya, harus dihapus yang ganda,” tegas dia. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.