Jumat, 05 Juni 2020

ACTA Juga Laporkan Video Kampanye Ahok-Djarot ke Bareskrim Polri

ACTA Juga Laporkan Video Kampanye Ahok-Djarot ke Bareskrim Polri

Foto: ACTA akan melaporkan Ahok-Djarot ke Bareskrim soal Video Kampanye. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Video kampanye pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Ahok-Djarot menuai kontroversi karena dinilai melukai perasaan umat Islam dan berpotensi memicu pertikaian pada pilkada DKI putaran kedua.

Anggota Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Novel Chaidir Hasan Bamukmin alias Habib Novel, akan mendatangi Bareskrim untuk melaporkan dugaan pelecehan berbau SARA dalam video tersebut.

“Hari ini juga kita laporkan ke Bareskrim, kita sedang kumpulin data lebih lengkap untuk bisa kita proses ke Bareskrim. Agama Islam enggak pernah membedakan antara suku etnis budaya enggak pernah,” kata Novel di gedung Bawaslu pusat, Senin (10/4).

Sekadar diketahui, hari ini ACTA telah melaporkan Ahok dan Djarot ke Bawaslu pusat terkait video kampanye tersebut.

Baca Juga: Video Kampanye Ahok-Djarot Resmi Dilaporkan ke Bawaslu RI

Novel mengaku pihaknya telah menemukan sejumlah bukti pelanggaran berbau SARA yang muncul dalam potongan adegan di video tersebut. Ia mengatakan adegan itu cenderung menyudutkan umat Islam dan menonjolkan etnis tertentu.

“Di detik 8 sampai 13 itu jelas banget latar belakangnya umat Islam yang melakukan aksi tindakan anarkistis, beratribut muslim. Ini ditayangkan di pertama, kemudian ada juga ke belakang kita lihat etnis tertentu yang ditonjolkan. Artinya ini SARA dengan menyudutkan etnis tertentu,” jelas Novel.

Sementara itu, pendamping advokasi ACTA Maulana Bungaran mengatakan Bawaslu RI sudah menerima laporan tersebut dan akan mempelajari lebih lanjut untuk menentukan akan dilimpahkan ke Bawaslu provinsi atau tidak.

“Sudah diterima laporan kita tadi dengan nomor laporan 0141 di Bawaslu tadi. Hari ini sudah dilaporkan,” pungkas Maulana. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.