Rabu, 28 Juli 2021

Jadi Hakim MK, Saldi Isra Akan Lepaskan Tiga Jabatan

Jadi Hakim MK, Saldi Isra Akan Lepaskan Tiga Jabatan

Foto: Prof Saldi Isra akan dilantik menjadi hakim MK. (ist)

Jakarta,, Swamedium.com – Ahli hukum tata negara dari Universitas Andalas Saldi Isra, menegaskan akan melepaskan tiga jabatan yang kini ia emban.

Banner Iklan Swamedium

Langkah tersebut ia ambil menyusul dirinya terpilih menjadi Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Patrialis Akbar yang dicopot karena tersandung kasus dugaan korupsi penyuapan.

Jabatan yang kini diemban Saldi adalah, menjabat sebagai Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang, Komisaris Utama PT Semen Padang dan Direktur Pusat Studi Konstitusi.

Baca Juga:
Gantikan Patrialis, Prof Saldi Isra Ditunjuk Presiden sebagai Hakim MK

“Sudah jelas aturannya tidak boleh rangkap jabatan, semua posisi yang ada pada saya hari ini akan dilepas,” tutur Saldi usai memberikan kuliah di Fakultas Hukum Ekstensi Universitas Andalas di Jalan Pancasila, Padang, Sumatera Barat, Minggu (9/4/).

Dirinya menyampaikan, pengunduran diri dari tiga jabatannya akan direncanakan pada Senin (10/4). Saldi mengakui secara informal sudah diberitahu mengenai pelantikan dirinya sebagai Hakim MK dan kemudian diminta untuk melakukan persiapan acara pelantikan pada Selasa (11/4).

“Pelantikan akan dibarengkan (dengan) pelantikan anggota KPU dan Bawaslu yang baru di Istana Negara pukul 10.00 WIB,” ujarnya.

Saldi mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang pelantikan.

“Ya kita datang ke Jakarta lalu dilantik,” tandasnya. (JM)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita