Senin, 25 Januari 2021

Jakarta Selatan Masih Lokasi Favorit Pemburu Properti

Jakarta Selatan Masih Lokasi Favorit Pemburu Properti

Jakarta, Swamedium.com – Posisi Jakarta Selatan sebagai lokasi favorit dari para pemburu properti di kawasan Jabodetabek sampai tahun 2017 ini belum tergantikan. Kawasan Selatan Jakarta ini dinilai sebagai lokasi paling ideal yang memiliki sarana dan prasarana paling komplit bagi kaum urban.

Banner Iklan Swamedium

Hasil riset dari beberapa situs jual beli properti menempatkan Jakarta dalam peringkat pertama, lokasi yang paling dicari oleh peminat properti.

Situs properti Rumah.com, sebuah portal properti yang dikunjungi oleh tidak kurang dari 3,4 juta pengunjung setiap bulannya mengungkapkan dengan pembangunan infrastruktur yang begitu masif di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan yang akan banyak dibangun moda transportasi masa depan seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rapid Transportation (LRT), lokasi ini sukses menjadi tempat yang paling banyak dicari selama satu tahun terakhir.

“Jakarta Selatan, yang banyak sekali demand-nya karena banyak pembangunan project-project sekitar MRT atau LRT. Jadi mereka mencari daerah yang aksesnya bisa ke mana-mana. Ini adalah lokasi selama satu tahun terakhir paling banyak dikunjungi,” kata Head of Marketing Rumah.com, Ike Noorhayati Hamdan baru-baru ini.

Riset yang sama dilakukan oleh situs jual beli properti Lamudi untuk mengidentifikasi wilayah hunian yang paling dicari konsumen. Dari hasil riset tersebut muncul lima kota yang paling diincar oleh pengunjung Lamudi.Berdasarkan data Lamudi, kota Jakarta Selatan merupakan area yang paling banyak diincar oleh pembeli properti dengan total persentase 7,11 persen, kemudian disusul oleh Bekasi mencapai 6,17 persen, diurutan ke tiga ada Surabaya dengan 5,32 persen, ke empat ada Bandung 4,94 persen dan Jakarta Timur dengan 4,2 persen.

Mart Polman, Managing Director Lamudi Indonesia mengatakan, Jakarta Selatan menjadi kota incaran para pencari properti karena kota ini memiliki komposisi yang idel antara keberadaan tempat tinggal, perkantoran dan area komersil.

Tidak hanya itu, dari segi kesehatan kota ini pun memiliki keunggulan, karena Jakarta Selatan masih dipenuhi degna pohon rindang dan taman kota, sehingga membuatnya terlihat begitu sejuk dan udaranya bersih,” kata Polman dalam keterangan resmi.

Hasil survei yang dilakukan Lamudi, juga menyebutkan mayoritas pengunjung Lamudi, lebih tertarik untuk membeli rumah dengan presentase 55 persen jika dibandingkan dengan jenis properti lainnya seperti apartemen, ruko dan tanah. Tidak hanya itu, mayoritas pencari properti juga lebih tertarik untuk membeli properti jika dibandingkan dengan menyewa.

Wilayah Lain

Selain Lamudi, Situs Rumah.com juga menemukan bahwa wilayah lain yang menunjukkan pergerakan cukup signifikan adalah Bandung. Bandung menjadi lokasi paling banyak dicari setelah Jakarta Selatan dalam setahun terakhir. Pergerakan cukup masif ini terjadi saat informasi peletakan batu pertama Kereta Cepat Jakarta-Bandung dilakukan saat awal 2016 lalu.

Setelah Bandung, Bekasi menjadi lokasi paling banyak dicari. Hal ini juga tidak lepas dari adanya pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut seperti jalan tol hingga LRT. Berturut-turut setelahnya adalah wilayah Tangerang, Jakarta Timur, Depok, Bogor, Tangerang Selatan, Jakarta Barat dan Surabaya. (*)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita