Jumat, 07 Mei 2021

Menkumham Wacanakan Pengelolaan Lapas Ke Pihak Swasta

Menkumham Wacanakan Pengelolaan Lapas Ke Pihak Swasta

Foto: ilustrasi sebuah lembaga pemasyarakatan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi III DPR RI mengatakan, mewacanakan untuk pengelolaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) dikelola oleh pihak swasta.

Banner Iklan Swamedium

“Ya, itu (pengelolaan Lapas oleh swasta) sudah pernah dibicarakan. Saya sudah pernah bicara dengan salah seorang Dirjen di Kemenkeu. Ada juga misalnya bangunan itu dibangun swasta, tapi kalau itu dilaksanakan penjara swasta harus melalui undang-undang baru, kita buat UU-nya,” ujar Yasonna usai rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/4).

Menurutnya, tentunya wacana perlu dilakukan kajian mendalam dengan pihak-pihak terkait.

“Ini masih harus kita timbang lagi, kita pikirkan lagi dilihat lagi secara mendalam. Karena kalau swasta kan negara harus bayar sama mereka,” ucap Yasonna.

Untuk itu dirinya akan melakukan studi banding ke negara-negara yang sudah menerapkan sistem lapas yang di kelola oleh pihak swasta agar bisa dipelajari di Indonesia.

“Kita harus belajar misalnya ke beberapa negara yang sudah dilakukan, seperti di Australia ada penjara swasta, kita belajar dulu di situ seperti apa, jangan pula nanti di Indonesia ini dikasih ke swasta,” pungkasnya.

Perlu diketahui, jika pengelolaan lapas diserahkan kepada swasta, negara harus tetap membayar. Oleh karenanya, pemerintah diharapkan mengkaji secara mendalam usulan tersebut. Negara Australia salah satu negara yang sudah menerapkan pengelolaan Lapas diserahkan kepada pihak swasta. (JM)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita