Sabtu, 19 September 2020

Polri: Pemeriksaan UBN Masih Berlanjut

Polri: Pemeriksaan UBN Masih Berlanjut

Jakarta, Swamedium.com — Pemeriksaan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), ustadz Bachtiar Nasir (UBN) yang dituduh melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang terhadap Dana Yayasan Keadilan untuk Semua (YKUS) hingga saat ini berjalan dengan status UBN sebagai saksi.

“Masih ada aja, masih jalan dan sebagai saksi,” ungkap Kadiv Humas Mabes Polri, Boy Rafli Amar di Jakarta, Sabtu (8/4).

Sebelumnya, kepolisian mengklaim pihaknya telah memiliki bukti transfer terkait pengiriman dana ke organisasi teroris di Suriah.

Boy menyebut pemeriksaan itu akan kembali dilakukan untuk menggali peran Bachtiar selaku Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) berkaitan dengan dana yayasan itu.

“Karena perannya beda-beda, ada yang perbankan ada yayasan. Bachtiar Nasir kan berkorelasi dengan aktivitas yayasan,” ucapnya.

Sejauh ini, polisi baru menetapkan seorang tersangka atas nama Islahuddin Akbar. Dia merupakan pegawai bank syariah dan berperan sebagai pencair dana.

Boy mengungkapkan bahwa kasus ini berawal adanya unggahan di media sosial yang meminta masyarakat mengirimkan uang untuk ‘Aksi Bela Islam III’ ke rekening khusus GNPF atas nama Keadilan untuk Semua.

Polisi menyebut ada dugaan penyalahgunaan dana yang sebenarnya untuk aksi tersebut namun digunakan untuk kepentingan lain. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.