Jumat, 17 September 2021

Tipu Jual Beli Kamera Via Online, Warga Sulsel Ditangkap Polda Jatim

Tipu Jual Beli Kamera Via Online, Warga Sulsel Ditangkap Polda Jatim

Surabaya, Swamedium.com — Pelaku penipuan via online lewat medsos berhasil diamankan Direktorat Reserse Kriminal (Ditkrimsus) Polda Jatim, Senin (10/4).

Banner Iklan Swamedium

Untuk menangkap pelaku ini, pihak Polda Jatim sampai mengirimkan personelnya ke Lampung.Pelaku penipuan via online ini bernama Junaidi (27) warga Sidenreng Rappang Lampung Sulawesi Selatan.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan tersangka dilaporkan korban bernama Abdullah karena telah menipunya dalam urusan jual beli kamera.

”Korban sudah dua kali transfer yang pertama Rp 3juta dan yang kedua Rp 25 juta. Namun, kamera yang diinginkan korban tak kunjung dikirimkan,” ungkapnya di Mapolda Jatim.

Mantan Kabid Humas Polda Sulsel ini mengatakan dalam menjalankan aksinya tersangka yaitu dengan modus yaitu memasang iklan di facebook dan BBM kalau melayani penjualan kamera.

”Untuk menyakinkan calon korban, tersangka memasang gambar kamera diiklan yang dipasangnya,” lanjutnya.

Diungkapkan Barung, pihaknya yakin kalau korban tidak satu saja melainkan puluhan korban.”Kami akan periksa rekeningnya,”jelasnya.

Sementara itu, dalam penangkapan tersebut diamankan barang bukti antara lain 24 handphone, 8 buku tabungan, 8 kartu ATM, 8 simcard, dan 3 kartu kredit.

Kini tersangka terancam hukuman pidana penjara selama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 milyar, atas pelanggaran pasal 28 ayat 1 Jo pasal 45A ayat 1 UU RI No 19 tahun 2016, tentang perubahan atas UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (Ari)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita