Rabu, 03 Juni 2020

Video Kampanye Ahok-Djarot Resmi Dilaporkan ke Bawaslu RI

Video Kampanye Ahok-Djarot Resmi Dilaporkan ke Bawaslu RI

Foto: Wakil Ketua ACTA Ade Irfan Pulungan SH saat melaporkan video kampanye Ahok-Djarot, (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) secara resmi melaporkan video kampanye milik pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Ahok-Djarot. Video tersebut dinilai menyudutkan dan menghina umat Islam.

Dalam video tersebut secara jelas berisi adegan-adegan dimana nampak terjadi kerusuhan dan demo dimana pelakunya adalah orang yang memakai pakaian yang biasa dipakai oleh umat Islam ketika beribadah yaitu peci dan surban.

“Pada hari ini kami melaporkan dugaan pelanggaran kampanye berupa iklan yang menyudutkan umat Islam yang disebarkan akun Facebook Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok,” ujar Wakil Ketua ACTA Ade Irfan Pulungan SH di kantor Bawaslu RI, Jakarta, Senin (10/4).

Pihaknya menilai, dalam video tersebut terdapat potongan adegan yang memperlihatkan beberapa orang berpeci hitam, memakai sorban dan berbaju putih sedang berdemo dengan latar belakang spanduk putih bertuliskan “Ganyang Cina” dengan huruf berwarna hijau.

“Video kampanye tersebut jelas sangat menyudutkan umat Islam dan dapat menimbulkan kesan bahwa umat Islam adalah perusuh serta pembuat keonaran. Kami menganggap video kampanye tersebut mengandung unsur pelanggaran Pasal 69 huruf B UU Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pilkada yang secara garis besar berbunyi “dalam kampanye dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan ”, jelas dia.

“Kami melaporkan kasus ini ke Bawaslu RI karena menurut kami, ini merupakan salah satu kasus yang sangat melukai hati umat Islam dan berpotensi menimbulkan konflik sosial. Kami berharap agar Bawaslu RI bisa menindaklanjuti laporan kami dan segera memanggil Basuki Tjahaja Purnama sebagai terlapor,” imbuhnya. (ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.