Sabtu, 15 Mei 2021

Developer: Program Rumah DP Nol Itu Terobosan Inovatif

Developer: Program Rumah DP Nol Itu Terobosan Inovatif

Jakarta, Swamedium.com – Kalangan pengembang menilai program membeli rumah tanpa uang muka atau DP Nol Persen dari Paslon 3 Anies-Sandy merupakan terobosan inovatif dari kepala daerah yang peduli dengan masyarakat berpenghasilan rendah. Program ini diyakininya bisa berjalan karena perangkat pendukungnya sudah ada.

Banner Iklan Swamedium

Program tersebut dinilai sangat membantu pemerataan rumah bagi masyarakat dan program sejuta rumah yang digagas oleh pemerintah saat ini.

Sekretaris Jenderal DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Endang Kawidjaja mengungkapkan, pengembang yang sudah menjual rumah subsidi dengan uang muka sudah satu persen, sangat mudah untuk dijadikan nol persen.

“Kami sudah mengkalkulasinya program nol persen ini bukan hal yang mustahil. Tinggal kini kemauan dan kekuatan dari pemerintah. Saya yakin program ini bisa jalan,” katanya.

Menurut dia, sejumlah perangkat dinilai sudah siap digunakan. Seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan memiliki program pinjaman uang muka dengan bunga hanya tiga persen yang berlaku flat. Maksimum pinjaman untuk uang muka ini bisa mencapai Rp 50 juta. BPJS tidak minta agunan apa pun, kecuali syarat keanggotaan.

Uang muka nol persen juga bisa diterapkan dengan pola sewa-beli, terutama untuk rumah susun. yang Istilahnya rumah susun sederhana sewa beli atau rusunawali.

Apersi sudah mengusulkan kepada pemerintah agar pola ini bisa direalisasikan secepatnya, sehingga meringankan masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah. Lewat pola ini, masyarakat berpenghasilan maksimal Rp 7 juta per bulan dapat langsung menghuni unit dan membayar sewa bulanan selama dua tahun yang dinilai sebagai uang muka. Ditambah biaya-biaya awal dan bunga kepada pemberi talangan.

Pelaku usaha properti, Alwi Bagir Mulachela, menilai, program pembiayaan uang muka nol persen sebenarnya terobosan inovatif dari calon kepala daerah yang peduli kepada rakyat berpenghasilan rendah, sehingga hal ini perlu didukung. Meski menjadi perdebatan publik, program uang muka nol persen sangat mungkin dilaksanakan oleh Paslon 3.

Menurut Alwi, program seperti ini wajar dilakukan pada bisnis properti swasta yang membangun rumah komersial. Apalagi untuk rumah subsidi, tentunya sangat mungkin dilakukan asal ada keberpihakan kepada rakyat. Sekarang saja, uang muka rumah subsidi dari pemerintah sudah satu persen, sehingga tidak sulit kalau dijadikan nol persen.

“Ini tinggal persoalan mau atau tidak, kalau mau, pasti jalan, ” kata Alwi di sela acara Sarasehan Pemangku Kepentingan Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta, Senin. (republika.co.id)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita