Kamis, 28 Mei 2020

JPU: Penundaan Sidang Ahok Tidak Terkait Surat Kapolda dan Tidak Ada Muatan Politis

JPU: Penundaan Sidang Ahok Tidak Terkait Surat Kapolda dan Tidak Ada Muatan Politis

Foto: Ketua Jjaksa Penuntut Umum Ali Mukartono memberikan keterangan kepada pers. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ali Mukartono beralasan penundaan sidang penistaan agama edisi ke 18 dengan terdakwa ahok, bukan dikarenakan dengan surat instruksi Kapolda Metro Jaya M Iriawan.

Ada pun dalih Ketua JPU, penundaan sidang hari ini semata-mata karena belum selesainya tuntutan yang disusun dan tidak ada intervensi dari pihak manapun termasuk muatan politik di dalamnya.

“Karena tidak selesainya penyusunan surat dakwaan, tidak ada kaitannya dengan surat polda,” kata Ali di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (11/4).

Sebelumnya diketahui, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengirim surat ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara yang isinya permintaan penundaan sidang Ahok dengan alasan keamanan menjelang hari pemungutan suara pilkadi DKI putaran kedua.

Sebagaimana juga diketahui, Jaksa Agung HM Prasetyo pernah melontarkan pernyataan beberapa hari yang lalu.

“Saya belum tahu persis apakah nanti alokasi waktu tanggal 11 untuk sidang pembacaan tuntutan, sudah bisa terkejar atau belum pembuatan ‘rekuisitor’ (tuntutan). Semuanya belum ada kepastian,” ujar Jaksa Agung Prasetyo di Jakarta (7/4). (JM)

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.