Senin, 01 Juni 2020

MKD DPR Ambil Sikap Jika Setnov Ditetapkan Menjadi Tersangka

MKD DPR Ambil Sikap Jika Setnov Ditetapkan Menjadi Tersangka

Foto: MKD DPR Baru Bisa Mengambil Sikap, Jika Setnov Ditetapkan Menjadi Terdakwa. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mendapatkan kabar bahwa Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov​) telah dicekal berupa pelarangan bepergian ke luar negeri oleh pihak imigrasi untuk waktu enam bulan kedepan.

Melalui Wakil Ketua MKD DPR RI Syarifuddin Sudding menanggapi persoalan tersebut, ia mengatakan, kita harus menghormati hukum di negara ini biarkan berjalan prosesnya, ini kan terkait antar lembaga.

“Kami rapat internal MKD dan kita menyepakati sudah sejalan tata tertib di MKD, ini proses hukum kita tunggu penanganannya,” ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/4).

Menurutnya, MKD baru bisa mengambil tindakan apabila Setnov terbukti serta telah ditetapkan menjadi terdakwa dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP.

“Kalau sudah dalam terdakwa dan keputusan lembaga peradilan, MKD akan bersikap,” jelasnya.
Syarifuddin mengaku, MKD saat ini belum mendapatkan informasi yang resmi dari pihak imigrasi tentang pelarangan Setnov bepergian ke luar negeri.

“Kami di MKD belum menerima informasi seperti itu, bahwa itu sudah dilakukan pihak penyidik itu proses pengembangan, kita hargai proses itu sambil menunggu perkembangan,” ujarnya.

Politikus Hanura ini pun menambahkan, efek dari persoalan ini bisa menganggu aktivitas kerja para anggota dewan di parlemen.

“Saya kira ini sangat mengganggu, apalagi dalam posisi ketua DPR dalam hubungan parlemen di lintas negara tapi saya kira akan dicermati proses penanganan kasus oleh beliau (Setnov),” Syarifuddin beranggapan. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.