Senin, 14 September 2020

Terungkap, Ada 60 Jenis Narkoba Masuk ke Indonesia

Terungkap, Ada 60 Jenis Narkoba Masuk ke Indonesia

Foto: Rapat kerja komisi III DPR RI dengan Badan Narkotika Nasional. (Jamal/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) mengungkapkan dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi III DPR RI, bahwa ada 60 jenis narkotika baru yang masuk ke Indonesia.

“Narkotika jenis baru di dunia mencapai 800, 60 jenis ditemukan di Indonesia, baru 43 yang diatur UU, 17 belum bisa diatur,” kata buwas saat raker dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/4).

Buwas juga mengatakan, perkembangan‚Äč peredaran narkoba untuk saat ini banyak memanfaatkan jaringan media internet, sedangkan Sumber daya manusia (SDM) di BNN belum memadai dan ini merupakan tantangan tersendiri untuk BNN menghadapi permasalahan tersebut.

“Tantangan tren transaksi menggunakan internet, alat berbasis IT di BNN belum memadai dan mengimbangi yang dilakukan sindikat tidak semua terdeteksi,” ujar Buwas.

Di samping itu, Buwas juga menyampaikan, bahwa peredaran Narkoba di Indonesia banyak melalui perbatasan dan salah satu yang paling banyak di temukan jenis narkoba maupun narkotika buatan yang berasal dari China.

“Sebaran jaringan narkotika di kawasan daerah terindikasi darurat narkotika adalah yang pertama daerah perbatasan dengan Malaysia misalnya Kalimantan, Sumut, Aceh, Riau dan Kepri,” tandasnya.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.