Kamis, 01 Oktober 2020

Jaksa Agung Curhat Soal Terbatasnya Anggaran ke Komisi III DPR

Jaksa Agung Curhat Soal Terbatasnya Anggaran ke Komisi III DPR

Foto: Rapat kerja Komisi III DPR dengan Jaksa Agung. (Jamal/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja (raker) dengan Jaksa Agung HM Prasetyo. Raker digelar di ruang rapat komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan.

Ada sejumlah isu yang akan dibahas dalam raker ini, salah satunya meminta penjelasan Jaksa Agung terkait manajemen penanganan korupsi yang diajukan oleh kejaksaan serta bentuk sistem koordinasi seperti apa yang dibangun dengan lembaga penegak hukum dan persoalan penundaan sidang perkara penistaan agama dengan terdakwa Ahok.

Di hadapan anggota Komis III, Jaksa Agung memaparkan permasalahan penanganan perkara korupsi di kejaksaan. Jaksa Agung mengklaim, selama ini pihaknya turut terlibat melakukan kerja pemberantasan korupsi.

Prasetyo mengatakan, memang kerja pemberantasan korupsi yang dilakukan kejaksaan kurang terekspos ketimbang KPK.

“Model ini sering tidak mendapat perhatian, tanpa riuh rendah, dan tidak populer. Tapi diyakini bisa menurunkan angka korupsi dalam jangka panjang,” klaim Prasetyo dalam raker di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4).

Dalam kesempatan itu, Prasetyo menerangkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tiga lembaga hukum yaitu Kejaksaan, Polri dan KPK. Kata Prasetyo, KPK yang lebih unggul karena banyak mendapatkan dukungan dari partai politik dan disokong dengan anggaran yang besar.

“KPK juga punya kewenangan menyadap. “Tapi KPK juga punya kelemaham dalam hal jaringan, jumlah personel dan kompetensi personel,” ujar Prasetyo.

Ia melanjutkan, Kejaksaan dan Kepolisian memiliki jaringan yang lebih luas dari KPK. Namun, kedua lembaga hukum tersebut tidak memiliki anggaran yang memadai.

“Karenanya, perlu kolaborasi antara ketiga lembaga untuk memberantas korupsi. Seperti tertuang dalam MoU yang ditandatangani tiga lembaga, beberapa waktu lalu,” tutupnya. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.