Kamis, 04 Juni 2020

Komisi II DPR: Wacana Pemindahan Ibu Kota Negara Perlu Dikaji Mendalam

Komisi II DPR: Wacana Pemindahan Ibu Kota Negara Perlu Dikaji Mendalam

Foto: Anggota Komisi II DPR RI Achmad Baidowi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Mengenai wacana pemindahan Ibu Kota negara, Anggota Komisi II DPR RI Achmad Baidowi mengatakan, untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya harus ada keberanian langkah politik.

Karena wacana pemindahan ibu kota negara sudah lama digulirkan, namun sampai sekarang belum terealisasi mandek pembahasannya disebabkan tidak ada keberanian politik.

“Wacana pemindahan ibu kota sudah lama disampaikan namun belum ada keberanian politik untuk melakukannya. Karena itu, perlu keberanian politik untuk merealisasikan wacana tersebut,” kata Achmad Baidowi melalui keterangan tertulisnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4).

Menurutnya, wacana pemindahan ibu kota negara itu sudah tepat karena Jakarta sudah tidak sanggup lagi menampung lagi segala beban aktivitas kegiatan warga negara yang hidup di Jakarta, jadi Jakarta sebaiknya dijadikan sebagai kota perdagangan dan Jasa.

“Hal ini dirasa sudah tidak cocok lagi Jakarta mengemban predikat ibu kota sekaligus pusat pemerintahan menjadi faktor penghambat tersendiri terkait macet setiap hari sudah banyak kerugian akibat pemborosan BBM dan juga kerugian waktu. Jika banjir menerjang Jakarta maka kerugian materiil semakin bertambah,” ungkap Wasekjen DPP PPP itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk melakukan kajian terhadap wacana pemindahan ibu kota negara.

Kemudian menurut, Menteri Agraria dan Tata Ruang serta Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil mengatakan, wacana perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Palangkaraya, masih akan dilihat dari berbagai aspek, terutama dari sisi kajian tata ruang sebagai sebuah Ibu kota negara. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.