Kamis, 24 September 2020

Misteri Menghilangnya Lembaga Survei di Putaran Kedua Pilkada DKI

Misteri Menghilangnya Lembaga Survei di Putaran Kedua Pilkada DKI

Foto: Hasil survei salah satu lembaga survei, Pollmark Indonesia. (pollmark)

Oleh : Hersubeno Arief*

Jakarta, Swamedium.com – Pilkada DKI putaran dua, tinggal menghitung hari. Tidak seperti pilkada putaran pertama, tidak banyak lembaga survei yang telah mengumumkan hasilnya. Sejauh ini baru tiga lembaga survei yang mengumumkan hasilnya, yakni Median (sudah dua kali publikasi), Lingkaran Survei Indonesia, dan Sumber Data Indonesia. Semuanya menunjukkan Pasangan Anies-Sandi menang.

Kondisi ini sungguh jauh berbeda dengan pilkada putaran pertama. Berbagai lembaga survei sangat gencar dan berlomba mengumumkan hasilnya. Hasilnya cukup beragam, tergantung afiliasinya dan untuk siapa lembaga survei tersebut bekerja. Namun ada juga beberapa lembaga survei yang tetap menjaga independensinya.

Salah satu yang surveinya sangat ditunggu publik adalah Litbang Harian Kompas. Sebagai Litbang sebuah lembaga yang punya reputasi sangat kredibel, Litbang Kompas dalam berbagai surveinya menunjukkan hasil yang sangat akurat.

Hanya sepekan menjelang Pilkada putaran perama, Litbang Kompas melansir hasil survei yang menunjukkan bahwa suara pasangan Agus-Silvy menurun, Ahok-Djarot dan Anies-Sandi meningkat. Survei itu juga mengkonfirmasi bahwa Ahok-Djarot akan keluar sebagai peraih suara terbanyak, diikuti oleh Anies-Sandi di urutan kedua. Sementara pasangan Agus-Silvy yang elektabilitas terus berada di peringkat pertama, menurun drastis dan berada diurutan terakhir, alias bakal tersingkir.

Kesimpulan hasil survei itu cukup mengejutkan, bahkan banyak yang mencurigainya. Bagaimana mungkin pasangan Ahok-Djarot yang sudah babak belur dihajar Aksi Bela Islam (ABI) I-III, masih tetap perkasa? Namun hasil Pilkada putaran pertama mengkonfirmasi prediksi tersebut.

Tiga pekan menjelang pelaksanaan Pilpres 9 Juli 2014, Litbang Kompas juga memprediksi pasangan Jokowi-JK akan mengalahkan pasangan Prabowo-Hatta dengan selisih 7 persen. Hasil Pilpres juga menunjukkan bahwa Jokowi-JK menang atas Prabowo-Hatta dengan selisih suara 6.3 persen.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.