Jumat, 02 Oktober 2020

Pedri Kasman: Penundaan Sidang Ahok Dipengaruhi Faktor Politik

Pedri Kasman: Penundaan Sidang Ahok Dipengaruhi Faktor Politik

Jakarta, Swamedium.com — Sidang tuntutan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditunda hingga Kamis, 20 April 2017. Penundaan tersebut dinilai sarat akan kepentingan politik.

Hal tersebut disampaikan salah satu saksi pelapor, Pedri Kasman. Pedri hadir di persidangan saat majelis hakim memutuskan untuk menunda persidangan Ahok.

“Kami menduga ini adalah permainan yang dipengaruhi oleh faktor politik. Kami menyayangkan kejadian yang terjadi pada sidang Ahok hari ini. Politik lebih menguasai hukum di negeri ini,” kata Pedri usai sidang Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (11/4).

Pedri menduga, jaksa dan majelis hakim bisa saja dipengaruhi pihak luar terhitung dari penundaan hingga 20 April mendatang. Apalagi tanggal 19 April digelar pemungutan suara Pilkada DKI 2017.

“Saya menduga majelis hakim dan jaksa penuntut umum dipengaruhi faktor luar. Tanggal 19 akan banyak pengaruh-pengaruh dari luar,” ujarnya.

Seperti diketahui, Majelis Hakim menyatakan penundaan sidang dengan agenda pembacaan tuntutan oleh JPU hingga hari Kamis tanggal 20 April 2017 dikarenakan JPU belum menyelesaikan materi tuntutan. Sementara itu sidang pembacaan nota pembelaan (pleidoi) akan digelar 5 hari kemudian atau tanggal 25 April. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.