Selasa, 29 September 2020

Pimpinan DPR Tugaskan Komisi III Untuk Menyelidiki Pencekalan Setnov

Pimpinan DPR Tugaskan Komisi III Untuk Menyelidiki Pencekalan Setnov

Foto: Ketua DPR RI Setya Novanto. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat mengirim surat tugas kepada komisi III DPR RI yang dalam isi surat tugas tersebut, menginstruksikan pemanggilan kepada Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM terkait status cegah dan tangkal Ketua DPR Setya Novanto (Setnov).

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membenarkan bahwa ada surat penugasan ke komisi III DPR, yang bertujuan untuk melakukan pengecekan, pemanggilan dan menggunakan hak bertanya atas status yang diberikan kepada Ketua Umum Partai Golkar itu.

‎”Jadi kemarin juga ada penugasan kepada Komisi III untuk melakukan berbagai upaya penyelidikan ditingkat komisi yang akan nanti dilaporkan kembali kepada Bamus,” kata Fahri dalam keterangan tertulisnya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4).

Perlu untuk diketahui, DPR melakukan rapat Badan Musyawarah tadi malam. Hasil rapat Bamus ini DPR akan berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk mencabut status cegah dan tangkal (cekal) ke luar negeri terhadap Ketua DPR itu. ‎‎

Rapat Bamus ini membahas nota protes dari Fraksi Golkar atas dikeluarkannya status cekal itu.‎ Dalam Rapat Bamus itu, delapan fraksi hadir, sementara Fraksi Hanura dan Demokrat berhalangan hadir.‎

Setnov dicekal oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk berbasis Elektronik (e-KTP).

Dalam kasus ini, Setnov masih berstatus saksi dan beberapa kali disebut pada Berita Acara Perkara karena menerima uang sebesar 11 persen dari hasil proyek bernilai Rp 5.9 triliun ini. (JM)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.