Jumat, 25 September 2020

“Saatnya Menagih Janji”, Mahasiswa BEM SI Geruduk Istana

“Saatnya Menagih Janji”, Mahasiswa BEM SI Geruduk Istana

Foto: Aksi BEM SI di depan Istana. (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Wilayah Jabodetabek dan Banten menggeruduk Istana Negara untuk menagih janji Presiden Jokowi yang disepakati saat aksi BEM SI pada 12 Januari 2017 lalu atau yang dikenal dengan aksi 121.

“Menolak lupa! Masih ingat di benak rakyat indonesia “kado” pahit awal tahun yang disuguhkan oleh negeri ini. Perlawanan mahasiswa di tanggal 12 Januari 2017. Menandakan ada yang salah dengan negeri ini,” ujar Koordinator BEM SI Jabodetabek Banten Ihsan Munawar, di depan Istana, Rabu (12/4).

Aksi yang dikenal dengan Aksi 121 saat itu, lanjut Ihsan, menghasilkan nota kesepahaman antara mahasiswa dan pemerintah agar lahir kebijakan yang memihak kepada rakyat terutama rakyat kecil yang kerap suaranya dianggap seperti angin lalu.

“Dalam aksi hari ini juga kmai pertanyakan kebijakan reklamasi teluk jakarta. Buat siapa reklamasi itu dibuat? Padahal jelas dilihat dari aspek hukum, kajian lingkungan hidup strategis, analisis mengenai mengenai dampak lingkungan (Amdal ) atau dari segi apa pun tidak ditemukan satu hal yang menunjukan keberpihakan kepada rakyat Indonesia. Maka kami BEM SI wilayah jabodetabek banten menyampaikan tuntutannya,” tegasnya.

Ihsan juga menyatakan tuntutan lainnya yakni, menuntut pemerintah pusat yang telah gagal menjadi penyelengara negara untuk untuk memenuhi janjinya 90 hari yang lalu, menuntut Ppresiden bertindak tegas dengan memberhentikan proyek reklamasi yang inskonstituonal, menolak keras segala tindakan represifitas aparat kepolisian terhadap gerakan mahasiswa Indonesia. (Dip)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.