Senin, 28 September 2020

Tips Pemasaran Efektif Untuk Bisnis UMKM

Tips Pemasaran Efektif Untuk Bisnis UMKM

Jakarta, Swamedium.com – Masalah yang biasa dihadapi oleh pengusaha kelas UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) atau yang baru merintis usaha adalah tidak punya bujet untuk promosi. Padahal, promosi adalah sarana penting untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Sebaik apapun produk yang kita buat, kalau tidak dikenal orang, tentu tidak ada yang beli. Dan, ujungnya usaha bisa bangkrut.

Tetapi jangan menyerah. Selalu ada jalan keluar untuk orang-orang yang mau ikhtiar. Berikut ini ada beberapa tips-tips strategi pemasaran yang cocok diterapkan oleh pengusaha yang ingin sukses memasarkan produknya.

Media Sosial

Di masa lalu, biaya promosi sangat besar karena biaya memasang iklan di media massa sangat mahal. Beruntung, UMKM saat ini berada di era Internet. Di lingkungan kita, golongan tua muda, kaya maupun miskin, hampir semua sudah menggunakan fasilitas Internet di setiap telepon genggamnya. Terbukti, omzet bisnis online terus menanjak.

Pengusaha bisa memanfaatkan facebook, Instagram, twitter, Line, google untuk memasarkan produknya. Pajang foto-foto produk dan penawaran Anda dengan tampilan menarik di media sosial itu. Semakin banyak jumlah followernya, maka peluang produk terjual akan semakin besar. Para artis sudah banyak yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk menjual produknya.

Endorser

Ajak para pesohor, seperti artis atau selebriti untuk membantu mengiklankan produk Anda di Instagram atau twitter miliknya. Para pesohor tersebut berperan sebagai pihak yang meyakinkan publik agar mau membeli produk yang dia promosikan. Ada artis yang mengenakan tarif khusus untuk perannya sebagai endorser. Tetapi, ada juga yang bersedia gratis (apalagi kalau artis itu teman sendiri) cukup dengan hanya mengirimkan produk Anda ke artis tersebut. Selebriti yang memiliki follower banyak, biasanya laris mendapat permintaan sebagai endorser.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.