Jumat, 14 Mei 2021

Tips Pemasaran Efektif Untuk Bisnis UMKM

Tips Pemasaran Efektif Untuk Bisnis UMKM

Jakarta, Swamedium.com – Masalah yang biasa dihadapi oleh pengusaha kelas UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) atau yang baru merintis usaha adalah tidak punya bujet untuk promosi. Padahal, promosi adalah sarana penting untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Sebaik apapun produk yang kita buat, kalau tidak dikenal orang, tentu tidak ada yang beli. Dan, ujungnya usaha bisa bangkrut.

Banner Iklan Swamedium

Tetapi jangan menyerah. Selalu ada jalan keluar untuk orang-orang yang mau ikhtiar. Berikut ini ada beberapa tips-tips strategi pemasaran yang cocok diterapkan oleh pengusaha yang ingin sukses memasarkan produknya.

Media Sosial

Di masa lalu, biaya promosi sangat besar karena biaya memasang iklan di media massa sangat mahal. Beruntung, UMKM saat ini berada di era Internet. Di lingkungan kita, golongan tua muda, kaya maupun miskin, hampir semua sudah menggunakan fasilitas Internet di setiap telepon genggamnya. Terbukti, omzet bisnis online terus menanjak.

Pengusaha bisa memanfaatkan facebook, Instagram, twitter, Line, google untuk memasarkan produknya. Pajang foto-foto produk dan penawaran Anda dengan tampilan menarik di media sosial itu. Semakin banyak jumlah followernya, maka peluang produk terjual akan semakin besar. Para artis sudah banyak yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk menjual produknya.

Endorser

Ajak para pesohor, seperti artis atau selebriti untuk membantu mengiklankan produk Anda di Instagram atau twitter miliknya. Para pesohor tersebut berperan sebagai pihak yang meyakinkan publik agar mau membeli produk yang dia promosikan. Ada artis yang mengenakan tarif khusus untuk perannya sebagai endorser. Tetapi, ada juga yang bersedia gratis (apalagi kalau artis itu teman sendiri) cukup dengan hanya mengirimkan produk Anda ke artis tersebut. Selebriti yang memiliki follower banyak, biasanya laris mendapat permintaan sebagai endorser.

Dekati Media Massa

Membangun relasi dengan media massa, baik cetak, online, radio, televise, bahkan blogger penting untuk mendukung kesuksesan pemasaran. Insan media atau wartawan membutuhkan berita menarik untuk artikelnya. Karena itu, Anda bisa mengirimkan siaran pers tentang produk Anda ke media tersebut. Jika produknya menarik, biasanya mereka memberikan respon.

Cara lainnya, Anda bisa mengundang mereka untuk datang melihat tempat produksi atau toko etalase agar mengenal produk Anda. Meski mengeluarkan sedikit biaya, cara seperti ini cukup efektif.

Sponsori Acara

Sesekali, Anda juga perlu berpartisipasi memberi sponsor sebuah acara yang menarik dan berpotensi mendatangkan banyak massa. Biasanya, pihak yang memberi sponsor mendapatkan kompensasi tertentu, seperti bisa membagi brosur, memasang banner, atau punya stand di acara tersebut. Hal itu tergantung dari negosiasi dengan panitia. Gunakan momen ini untuk memperkenalkan produk Anda ke masyarakat luas.
Ikut Pameran

Dalam satu tahun kalender, setiap kota atau daerah biasanya memiliki agenda pameran. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan event tersebut untuk menggelar barang dagangan, promosi dan untuk sosialisasi produk.

Jualan di Toko Online

Saat ini banyak toko online gratis atau berbiaya murah yang bisa kita manfaatkan untuk menjual produk. Sebut saja, ada Bukalapak.com, Tokopedia.com, Excellentmall.com, ogahrugi.com, dan lainnya. Sekarang saja, orang beli empek-empek sudah online. Jadi, kita bisa jualan tanpa perlu menyewa ruko yang mahal. Biar jualan online, jangan remehkan omzetnya. Bisa puluhan miliar lho per bulan.

Buat Kontes Bisnis

Sebagai pengusaha, kita harus kreatif dalam menciptakan peluang atau mengeksploitasi gagasan yang mendukung promosi bisnis. Sesekali agendakan membuat acara kontes bisnis yang sesuai dengan produk perusahaan. Misalnya, bila Anda produsen fashion untuk ibu-ibu hijabers, buatlah kontes fashion show hijabers atau padu padan cantik ala hijaber, dan lainnya.

Begitu pula, bila produk Anda makanan kesehatan, Anda bisa membuat acara lomba-lomba, seperti kuis tentang kesehatan, jalan sehat, kuliner sehat, dan sebagainya. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita