Jumat, 05 Juni 2020

Asal Nama Gua Harimau, Cagar Budaya Baru di Sumatera Selatan

Asal Nama Gua Harimau, Cagar Budaya Baru di Sumatera Selatan

Foto: Gua Harimau ditemukan oleh pencari sarang burung walet. (merdeka)

Palembang, Swamedium.com- Gua Harimau pada awalnya ditemukan oleh warga sekitar saat mencari burung walet. Ketika berada di tebing, mereka mendengar suara auman Harimau dari dalam gua tidak jauh dari mereka mencari sarang burung walet.

Juru Pelihara Gua Harimau, Dodi Candra (34) mengatakan, gua itu menjadi sarang dan perlintasan harimau Sumatera dari atas bukit melewati satu-satunya lobang yang ada di dalamnya.

“Cerita itu akhirnya diabadikan dalam Gua Harimau,” ujar Dodi seperti dikutip merdeka, Jumat (14/4).

Ketika mulai diteliti tahun 2009, ditemukan kerangka yang masih asli. Beberapa diantaranya sudah ada yang dibawa dan ada juga yang belum diangkat karena sedang diteliti. Untuk yang telah diangkat, peneliti membuat replika kerangka yang nyaris seratus persen menyerupai aslinya, baik bentuk, posisi, dan jenisnya.

Di dalam gua, peneliti menemukan sisa hunian Preneolitik yang jauh lebih tua milik ras Australomelanesid di bawah hunian Neolitik. Diantaranya kerangka ikan, kera, harimau, babi, gajah, rusa, burung dan kerang yang diyakini menjadi hasil buruan. Ada juga sisa tumbuhan seperti umbi-umbian dan biji-bijian berupa kemiri. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.