Selasa, 26 Mei 2020

Pemprov Jabar Dorong Pelaku Usaha Garap Wisata Halal

Pemprov Jabar Dorong Pelaku Usaha Garap Wisata Halal

Jakarta, Swamedium.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mendorong pelaku usaha untuk mengembangkan wisata halal karena gaya hidup halal sudah menjadi tren global. Produk makanan, minuman, fesyen hingga jasa wisata halal memiliki pasar yang luas, baik di tanah air maupun dunia.

“Hal ini akan menjadi potensi ekonomi besar, karena produk halal kini tak hanya dikonsumsi umat Islam, tetapi juga oleh masyarakat non muslim,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar disela-sela Bazar UMKM Syariah Jawa Barat, di Masjid Pusdai Jawa Barat Kota Bandung, Jumat.

Menurut Deddy, peluang usaha berbagai produk halal sangat besar sehingga dirinya sangat mengapresiasi hadirnya para pelaku usaha yang peduli di bidang syariah. Produk usaha syariah, ungkapnya, tidak hanya menjadi kebutuhan umat Islam, tetapi juga khalayak luas seiring meningkatnya tren gaya hidup halal secara global.

Dalam Global Islamic Economy Report 2015-2016 diperkirakan total pengeluaran Muslim dunia pada 2014 di sektor makanan dan minuman halal serta gaya hidup mencapai 1,8 triliun Dollar Amerika atau sekitar 11,6 persen dari total pasar global. Sektor Makanan dan Minuman Halal memberikan kontribusi terbesar, yaitu 1.128 miliar Dolar Amerika atau 17 persen dari total pasar global yang sebesar 6.755 miliar Dolar Amerika. Angka tersebut diproyeksikan akan tumbuh 5,8 persen hingga mencapai 1.585 miliar Dolar Amerika pada 2020.

“Sektor Travel kontribusinya sebesar 142 miliar Dolar Amerika dan diproyeksikan akan tumbuh hingga mencapai 233 miliar Dolar Amerika,” ujar dia.

Sementara sektor fesyen, kontribusinya sebesar 230 miliar Dolar Amerika dan diproyeksikan akan tumbuh hingga mencapai 327 miliar Dolar Amerika. Sektor Media dan Recreation kontribusinya sebesar 179 miliar Dolar Amerika dan diproyeksikan akan tumbuh hingga mencapai 247 miliar Dolar Amerika.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.