Selasa, 29 September 2020

Penjualan City Car Anjlok pada Dua Bulan Pertama di 2017

Penjualan City Car Anjlok pada Dua Bulan Pertama di 2017

Foto: Ragam city car yang beredar di Indonesia. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Menurut data yang dirilis gabungan industri kendaraan bermotor indonesia (Gaikindo), penjualan mobil kategori city car non-LCGC anjlok pada periode Januari-Februari 2017. Dalam dua bulan pertama tahun ini, penjualan mobil kelas tersebut turun 41,83 persen di bandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sepanjang Januari-Februari 2017 mobil di kelas ini hanya terjual 2.511 unit, sedangkan pada periode yang sama tahun sebelumnya terjual sebanyak 4.317 unit. Tren penjualan kendaraan roda empat di kelas ini terus turun sejak 2013, bahkan sepanjang 2016, volume penjualan turun tajam 38,4 persen dibanding 2015.

Penjualan Honda Brio masih menjadi yang tertinggi di kelas ini. Meski menurun, mobil tipe ini masih bisa terjual diatas 1.000 unit. Banyak faktor yang menyebabkan pasar kelas ini terus turun, salah satunya adalah terjadinya pergeseran tren di pasar kendaraan bermotor roda empat di Indonesia.

Kehadiran LCGC (low cost green car) menjadi salah satu faktornya. Selain city car, kelas yang tergerus akibat kehadiran LCGC adalah LMPV (low multipurpose vehicle) dengan 7 kursi. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.