Kamis, 23 September 2021

Terminal 3 Ultimate Bandara Soeta Beroperasi 1 Mei

Terminal 3 Ultimate Bandara Soeta Beroperasi 1 Mei

Jakarta, Swamedium.com – Mulai 1 Mei 2017, Terminal 3 Ultimate Internasional Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Tanggerang, Banten mulai beroperasi. Dengan demikian, seluruh penerbangan internasional milik maskapai Garuda Indonesia akan pindah ke terminal 3.

Banner Iklan Swamedium

Terminal 3 yang memiliki panjang sekitar 1 kilometer (km) dan luas bangunan‎ 422.804‎ m2 ini bahkan diklaim bakal menyaingi Bandara Internasional Changi di Singapura.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan hal itu usai meninjau kesiapan pengoperasian Terminal 3 Internasional Bandara Soetta di Banten, Jumat (14/4).

“Kita putuskan 1 Mei, semuanya bisa beroperasi. Garuda juga bisa (memindahkan) karena masih ada waktu lebih dari 2 minggu,” jelas dia seperti dikutip Liputan6.com.

Budi meminta kepada PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Garuda Indonesia Tbk untuk melakukan latihan atau simulasi di waktu jam sibuk pukul 20.00 WIB.

“Kita minta jumlah yang dioperasikan sama dengan jumlah riil, jadi saat peak saat jam 8 malam ke luar negeri dengan 8 pesawat beroperasi, bagaimana cara kerja check in, pelayanan petugas, kesiapan SOP dan peralatan,” jelasnya.

Dengan demikian, Budi Karya menambahkan, seluruh penerbangan internasional Garuda Indonesia pindah ke Terminal 3 Internasional Bandara Soetta.

“Iya seluruh penerbangan internasional Garuda pindah ke sini. Kita paham kalau pindahnya sedikit-sedikit karena dobel biaya. Makanya, di sisa waktu ini harus ada latihan intensif,” ungkapnya.

T3 Ultimate ini memiliki lima lantai dimana lantai paling bawah akan digunakan sebagai terminal kedatangan dan lantai 2 digunakan sebagai terminal keberangkatan. Sementara sisanya akan digunakan sebagai lounge dan sarana perkantoran.

Di dalam terminal, nantinya akan dipisahkan mulai dari lokasi cekin dan ruang tunggu internasional dan domestik. Untuk penerbangan internasional T3 Ultimate sudah dilengkapi garbarata ganda khusus pelayanan pesawat super jumbo ‎layaknya Airbus 380.

Selain itu, dalam penggunaan energi, AP II menerapkan teknologi ramah lingkungan dengan menggunakan pencahayaan lampu LED dan penerangan jalan menggunakan sumber energi solar cell‎. Mengingat tinggi bangunan terminal sekitar 50 meter, nantinya para calon penumpang dapat menikmati pemandangan sekeliling Bandara Soetta dari lokasi drop off ataupun di dalam terminal.

Mengenai moda transportasi yang nantinya menjadi pilihan para penumpang, AP II menyiapkan dua moda transportasi, yaitu bus dan kereta monorel. Monorel‎ ini nantinya akan menghubungkan dari Terminal 3 Ultimate ke Stasiun Bandara dan beberapa terminal lainnya.

Tak hanya itu, tidak perlu ke luar bandara, bahkan keluar terminal, di dalam terminal ini juga difasilitasi dengan hotel. Hotel ini terletak di sisi kanan dan kiri terminal di bagian depan. Sisi kanan dan kiri terminal juga dilengkapi dengan fasilitas parkir bertingkat.

Terminal 3 ini nantinya didesign dengan konsep art and culture. Di mana akan disajikan beberapa ornamen-ornamen yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia, salah satunya batik. Di dalam terminal juga terdapat tempat santai yang bisa dijadikan berbagai pameran yang bisa dinikmati para penumpang.(*)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita